Monday 8 December 2014

[Catper] Gunung Rinjani ~ Via Sembalun Senaru (Part 1)

Finally...

Setelah jadi cita-cita jaman kuliah dulu, dan hampir tiap tahun ngarep mau kesana. Di tahun 2014 ini terealisasi juga ngerasain Gunung paling keren di Indonesia. Rinjani! sekalian Sunrisenya.. Sunsetnya.. Negeri diatas awannya.. Segara Anaknya.. Semuanya Super AMAZING!

Alhamdulillah...Alhamdulillah...Alhamdulillah...! Terima kasih ya Allah engkau telah mengizinkan menikmati salah satu indahnya ciptaan-Mu di Negeri ini.

Dari semua gunung yang pernah ane rasain, Rinjani paling lengkap view super kerennya. Waktu disana, ane gak ada habis-habisnya buat bersyukur! Gak ada habisnya kalau di ucapin pake kata-kata.

Oke! Start bikin catpernya!

Bisa dibilang perjalanan ke Rinjani kali ini itu setengah NEKAT! eh NEKAT 100% maksudnya! ane berangkat dari Jakarta sendiri, tanpa partner. Awalnya ane udah punya 3 partner yang mau ikut bareng ke Gunung Rinjani dan  mau berangkt bulan mei 2014. Tapi ya tapi, akhirnya gegara kesibukan diundur jadi agustus. Nah pas mau deket-dekat agustus, si 3 partner ini gak bisa juga gegara kesibukan (lagi). Akhirnya setelah mikir-mikir panjang lebar, ane putusin tetep berangkat dan beli tiket di bulan juli 2014.

Mulailah waktu itu searching-searching temen yang bisa diajak naik bareng  bareng bulan Agustus dari Jakarta, dan hasilnya NIHIL! Tapi dari hasil kepo juga di beberapa forum Pendaki, ada beberapa orang yang pada waktu yang sama bakal naik ke Rinjani dari berbagai tempat. ((Cling)) dari situ rasanya ada sedikit jalan terang ntar pas di Rinjani gak jalan sendirian alias ALONE! Pokoknya waktu itu cuma mikir, ntar pas di bandara Lombok harus muka tembok cari barengan pendaki lain.

Dan waktu pendakian pun tiba, 22 Agustus 2014 malem! Pulang kantor plus setelah badan pegel belum sembuh 100 persen gara-gara habis naik Gunung Ciremai pas 17an. Meluncur menuju Lombok, waktu itu ane naik Pesawat (Singa Udara) dan dapet harga yang lumayan (mahal) buat anak kosan. Total PP sekitar 1,6 Juta (CGK-LOP)! Cukup buat makan enak selama sebulan!

Cari Barengan
Berhubung waktu itu last flight, nyampek Bandara Lombok Praya udah tengah malem. Mau cari pendaki lain juga masih belum ada yang keliatan, jadi ane mutusin buat nginep semalem di Mataram. FYI, jarang banget penginepan murah di deket bandara, kalau mau yang sekelas buat backpacker bisa langsung ke Mataram. Disana banyak banget penginepan murah, dan kalau mau gratis tinggal dateng aja ke Rumah Singgah Lombok Backpacker. 

Dari Bandara Lombok Praya ke Kota Mataram bisa naik Bus Damri. Nah jadwal bus Damri ini udah reguler ada ke Kota Mataram, pokoknya paling terakhir berangkat pas malem waktu Pesawat last flight mendarat di Lombok. Beruntung ane kemarin masih ada Damri, maklum pesawat (Singa Udara) delay berangkatnya dari Cengkareng.

Setelah istirahat di Penginepan alias hotel kecil-kecilan di Mataram yang tarifnya 150 ribu (Udah dapet sarapan, TV, kamar mandi & kasur nyaman banget), pagi hari jam 07.00 WITA ane berangkat lagi ke Bandara Lombok buat misi nyari barengan nanjak Gunung Rinjani. Dan usahapun gak sia-sia! setelah di Bandara Lombok sampai jam 10an pagi, ane dapet barengan 5 orang (Plus ane jadi 6). 2 dari Bandung, 1 dari Bangka, 1 dari Bogor & 1 dari Jakarta juga. Abis semua ngumpul kita langsung carter mobil buat meluncur ke Desa Sembalun. Waktu itu dapet harga sewa mobil 500 ribu buat 6 orang, jadi tinggal bagi rata aja.
Full Team (Awal)
Untuk ke desa Sembalun, lama perjalanan sekitar 3 jam.  Itupun sudah termasuk berhenti buat makan & belanja logistik kelompok. Buat patungan logistik, kita ngeluarin per orang 100 ribu. Sangat disarankan sewa mobil saja ke Desa Sembalun, karena kalau ngeteng pakai angkutan umum waktunya lumayan lama lagi. Karena harus ke pasar Aikmel dulu buat cari angkutan umum.

Sekitar pukul 15.30 WITA, kita sampai di Pos registrasi jalur Sembalun. Langsung registrasi buat 6 orang. Nah pas kebetulan juga kita ketemu sama 2 pendaki dari Surabaya, dan akhirnya gabung juga di rombongan kita. Setelah packing ulang logistik, kita start perjalanan sekitar jam 16.30 WITA. Untuk biaya registrasi, per orang untuk mendaki tarifnya Rp. 10.000,-.


Start Pendakian
Nah, untuk memulai pendakian dari jalur Sembalun, sebaiknya lewat jalan potong dari Bawanahu. Jalurnya lebih cepat dibanding jalur normal yang ke arah Savanna. Untuk ke Bawanahu ini bisa naik Ojek atau suruh mobil yang kita sewa untuk mengantarkan ke jalan Setapak via Bawanahu ini.

Jalur Sembalun terkenal dengan jalur panjangnya, di awal-awal kita bakal disuguhi track yang sebagian besar savanna luas. Savanna ini ujungnya sampai di Pos 3 sebelum Bukit Penyesalan. Perjalanan ini masih sesuai dengan Itinerary yang udah kita sepakati bareng, rencana buat hari pertama kita bakal camp di Pos 2 atau Pos 3 buat nyicil track Sembalun yang panjang. Berhubung waktu itu udah mulai gelap & jam 20.00 WITA kita stop perjalanan & camp di Pos 2 Sembalun. Di pos ini ada mata air yang bisa dipakai untuk masak Pendaki. Kondisinya di tengah-tengah Savanna atau padang Ilalang yang luas.

Pagi hari, dari Pos 2 view sunrise yang keren udah menyambut hari kedua kita. Setelah sarapan & packing semuanya kita melanjutkan perjalanan lagi sekitar jam 08.30 WITA. Berhubung bulan agustus musim kering, matahari waktu itu lumayan nyengat banget! jaminan mutu bikin kulit yang udah item jadi makin mengkilap itemnya! ya Nasiiiib!
Pemandangan dari Pos 2
Pemandangan dari Pos 2
Dari Pos 2, kita harus ngelewati Savanna lagi sekitar 1-1,5 jam perjalanan buat sampai di Pos 3. Di pos 3 ini kalau waktu musim ujan, ada sumber air yang bisa dimanfaatkan. Tapi berhubung waktu itu musim kemarau, agak susah nemu air disana.

Dan setelah Pos 3 ini, track udah mulai keliatan nanjak ngelewati bukit bukit & bukit. Dan bukit itulah yang katanya konon namanya bukit penyesalan atau ada juga yang nyebut bukit penyiksaaan. Kalau belum ngerasain emang bikin penasaran, pas udah nyobain! Pengen teriak ampuuun, tapi nanggung kalo mau balik lagi :'((

Bukit penyesalan ini bukit PHP (red : pemberi harapan palsu) banget, awalnya kita masih semangat naik bukit terus puncaknya keliatan. Pas nyampek puncak bukit, ehhh ada bukit lagi, nyampek puncak lagi, ada bukit lagi...terus terus terus & terus. Ini ujian banget buat fisik! Mental juga Iya banget!! tapi ya waktu itu dijalanin aja, anggep aja kayak cewek-cewek PHP diluar sana yang udah pernah ngepehapein ane. HUAAAA...*jadi curcol* ((terbitlah galau)). Untung ane kuat, kayak samson yang keteknya belum di cukur sama Raisha! Damn!

Abis perjuangan jalan nanjak pake tangan kaki yang nempel tanah bareng, ngelewati debu debu durjana  yang ampun tebelnya! Akhirnya Bukit-bukit PHP  itupun bisa ane lewatin. Pas udah mau nyampek pelawangan sembalun udah disambut aja bunga Edelweiss yang super kece di sekeliling jalur pendakian, sumpah itu obat capek banget sambil liat view Puncak Rinjani.

Pelawangan Sembalun
Sekitar jam 15.30 WITA akhirnya kita semua nyampek di pelawangan Sembalun. Kita ngambil tempat camp yang deket mata air & Segara Anaknya juga pas keren abis! secepatnya langsung bangun tenda & masak-masak cantik buat ngisi perut yang udah berontak nahan laper. Maklum lah, selama perjalanan tadi kita gak makan siang nasi (khas indonesia banget). Cuma cemil cemil sebungkus mie instan yang dimakan rame-rame, cokelat, permen & madu.

Pas udah masuk waktunya sunset di Pelawangan Sembalun, itu momen paling pecah selama hidup ngeliat sunset! Kombinasi awan putih yang nutupin segara anak & langit yang mulai memerah. Mulut udah serasa speechless, gak bisa ngomong apa-apa lagi. View-nya udah terlalu keren pokoknya! Super PECAAAH! Sambil menunggu malam kita lebih banyak ada diluar tenda sambil menikmati sunset, Dingin? Capek? udah gak berasa lagi gegara udah disembuhin view yang Subhanallah banget.




Malam pun datang, kita mulai untuk masak buat makan dan ngisi tenaga buat muncak. Malam itu masih sama kayak malam sebelumnya, si gugusan bintang galaksi bima sakti masih berhamburan mempesona di langit. Tidurpun berasa  nyenyak banget! ya walaupun harus bangun jam 01.30 WITA (dini hari) buat siap-siap summit attack. zzZZ

Menuju Puncak Dewi Anjani
Jam 02.00 WITA kita berangkat menuju puncak Dewi Anjani. Kondisi menggigil dingin & track penuh debu beterbangan. Saat itu udah rame pula pendaki yang mau ke Puncak juga. Pasir, kerikil & Bebatuan jadi sajian utama perjalanan menuju puncak. Dikit dikit dan demi demi sedikit, sekitar pukul 05.00 WITA kita ane sampai juga di puncak Dewi Anjani. Saat itu cuaca cerah, pemandangan Segara Anakan (danau) juga lagi sempurna. Bayangan kerucut puncak Dewi Anjani juga mempesona!
Kerucut Puncak Dewi Anjani
Di Puncak Rinjani
Alhamdulillah...kaki udah ngerasain di puncak tertinggi ke-3 di Indonesia. Impian dari jaman kuliah yang belum sempet kecapai gara-gara belum punya duit. Klasik bangat ya alesannya.HAHA! Tapi ya capek & apapun itu bakal serasa ilang seketika gegara view disana itu super pecah & super keren!

Quote
Lanjutannya [Catper] Rinjani Part 2 
KLIK DISINI!

2 comments:

  1. mas broo masih punya kontak driver untuk sewa mobil dari bandara ke desa sembalun engga ? karena gue tanggal 14 agustus 2016 mau kesana.

    kalo ada tolong email ke gue yaa
    dandyysiswandy@yahoo.com

    Terima kasih
    www.indonesiaitugue.com

    ReplyDelete
  2. seru baca blognya gan...!

    info buat tman2 travelers, jemputan Bandara-Sembalun hanya 350rb. kontak WA ada di lombokcab.blogspot.com

    tks

    ReplyDelete