Saturday 6 December 2014

(Gak Jadi) Kapok Naik Gunung Ciremai

Alkisah...nyambungin dari Cerita Ciremai yang dulu kesannya bikin kapok!, tapi agustus 2014 kemarin akhirnya nanjak lagi. muahahaha!

*Toyor pala sendiri*

Keluarga AMC Malang
Emang sih gak semua berangkat lagi, dari 5 orang yang dulu berangkat, ada 2 orang yang balik lagi (salah satunya ane) silaturahmi sama Puncak Gunung Ciremai. Ini gunung emang berkesan banget, soalnya bisa ngerasain DAG DIG DUG nya di tiup-tiup sama yang namanya BADAI. Kalau gak percaya ini videonya!

Itu yang paling deket sama kameramen...Ane! :(

Pas waktu di puncak dulu, rasanya udah gak mau balik ke Gunung Ciremai lagi. tapi ya akhirnya cm jadi sekedar omongan aja. soalnya kita ditawarin naik lagi, dan jalurnya lain dari yang kita naiki waktu 2012 lalu. Akhirnya...BERANGKAT!

Agustus kemarin akhirnya kita naik lagi ke Gunung Ciremai via jalur Apuy. jalur ini terkenal lebih singkat dari 2 jalur yang lain (Linggarjati & Palutungan). Kita berangkat dengan rombongan besar AMC Malang buat memperingati kemerdekaan Indonesia dipuncak tertinggi Jawa Barat.

Berhubung kebanyakan isi rombongan ini sudah berumur alias tua, malah ada beberapa juga bisa dibilang kakek-kakek. Kita pakai jasa porter buat  bantu bawa peralatan & logistik. Transportasi buat sampai di jalur Apuy (Desa Arga Mukti - Majalengka) juga bukan ngeteng lagi kayak jaman 2012 lalu. Awalnya kita dari Jakarta naik kereta ke Cirebon, terus dilanjut carter mobil elf & Pick Up sampai di pos registrasi Apuy.

Setelah istirahat di rumah warga desa, kita start nanjak sekitar pukul 09.00 WIB, rombongan banyak yang tercecer-cecer karena kondisi fisik masing-masing orang beda. Selain itu kondisi track juga lagi rame banget, maklum lah setiap mau 17an pasti banyak banget yang mendaki gunung. Kalo diitung hari itu 16 Agustus 2014 udah ribuan yang naik di jalur Apuy, belum yang dari Palutungan ataupun Linggarjati. Bukan maen lah...apalagi jaman sekarang naik gunung udah jadi lifestyle!.

Sebenernya naik ke Gunung Ciremai ini semacem ujian mental juga, soalnya cm selisih satu minggu ane mau ke Gunung Rinjani juga. jadi ya berharap aja sama dengkul yang berusaha racing. HAHAHA

Jalur apuy tipikalnya tetap hampir sama dengan dua jalur yang lain, nanjak terus tanpa ampun & tanpa bonus! Waktu itu malah banyak macet juga jalurnya gara-gara orang kota pada pindah ke Gunung semua. Dengan jalan yang konstan plus basah keringet, akhirnya kita sekitar jam 03.00 WIB sampai di Pos 5 Sang Hyang Rangkah. Berhubung pendakian waktu itu rame banget, akhirnya kita memutuskan untuk camp di Pos 5 saja. Soalnya kalo tetap nekat mau nyari di sekitar Goa Walet pasti orangnya udah penuh banget. makanya cari aman saja camp di Pos 5 Sanghyang Rangkah.

Kondisi di Pos 5 juga sangat penuh tenda, sampai malem pun banyak rombongan pendaki yang seliweran mau naik terus. Gunung udah macem kayak pasar, banyak banget orang wara-wiri. Malem itu kita habiskan buat masak-masak istimewa sama ngobrol ngalor ngidul sama para sesepuh AMC. Soalnya jarang-jarang anggota muda jalan bareng sama anggota sepuh.

Dari hasil kesepakatan bersama malem itu, kita putuskan buat muncak lebih awal. Jam 1 dini hari kita udah bangun & siap-siap muncak. Pertimbangannya, jalur ke puncak pasti bakal macet banget kalau kita sampai telat muncak. Jadi mending jalan lebih awal biar lebih konstan jalannya ke puncak Gunung Ciremai. Tepat jam 01.30 WIB, kita mulai jalan!

Ane yang kebetulan posisinya ketua rombongan jadi Pioner jalan di depan, kita berusaha jalan beriringan & gak kepisah. Kondisi track menuju puncak waktu itu udah macem jalanan di tengah kampung, banyak banget tenda & orang-orang tidur di pinggir track. Berhubung kita bisa dibilang rombongan awal yang muncak, jadi masih aman dari macet gunung.

Sebenernya jalur sebelum puncak sangat terjal dengan dominasi batu. beberapa bagian malah kita harus merangkak biar badan lebih imbang. Tapi akhirnya rombongan kita bisa sampai di puncak Gunung Ciremai jam 04.30 WIB. Kondisi saat itu dinginnya GILA! Angin kenceng! dan sunrise pun keliatannya masih lama. Bisa dibilang juga, kita terlalu cepet sampai puncak. Tapi gak apa-apa, yang penting kita aman dari macet gunung.

Masih dalam kondisi gelap, kita berusaha buat terus bergerak biar badan gak kaku. Dari puncak jalur Palutungan-Apuy kita jalan melipir kawah menuju puncak yang didekat jalur dari arah linggarjati. Dari puncak ini paling tidak bakal lebih sepi dari ramenya pendaki & view sunrise pun posisinya PAS MANTAB!

Sampai kondisi pagi sudah datang, kita balik ke puncak arah Palutungan-Apuy. Di puncak ini ada area luas tempat mayoritas pendaki berkumpul. Kita bersiap untuk upacara kemerdekaan indonesia 17 Agustus 2014. Setelah ada aba-aba dari seorang pendaki yang memakai baju pramuka, kita hormat ke bendera merah putih dan menyanyikan lagu INDONESIA RAYA.

Silakan cek videonya dibawah ini :

SUMPAH!! itu momen paling emosional upacara bendera selama hidup, semua pendaki memang gak baris rapi kayak upacara pada umumnya. Tapi pas nyanyi rasanya mata gak bisa nahan buat ngeluarin air mata. Bendera merah putih berkibar di puncak, disekeliling kita awan putih jadi background paling keren yang bikin kita ngerasa... INDONESIA itu Amazing! Kekayaan alamnya emang gak terhingga banyaknya. Waktu itu seketika ane pribadi ngerasa bangga bangat jadi warga negara Indonesia :'))

POKOKNYA MAU KELILING INDONESIA TERUS! KE TEMPAT YANG PALING KEREN PALING KECENYA...INDONESIA!

Nah setelah beremosional & berfoto ria dipuncak, kita langsung jalan buat balik lagi ke camp. Tapi...waktu itu sumpah paling ngeselin! Jalanannya macet bikin nangis bombay! kita jalan pelan...berhenti! jalan pelan...STOP! jalan pelan...nunggu jalan gantian lewat sama pendaki yang mau naik. Pokoknya nguji dengkul banget lah. Rasanya pengen banget ada supermen yang tiba-tiba dateng terus gendong turun. Nah gimana lagi, waktu jalan buat naik itu ngabisin waktunya sama kayak jalan turun! Padahal kan kalau jalan turun harusnya bisa lebih cepet, tapi berhubung itu lagi macet ya....AHH! SUDAHLAH!

Tapi ya untungnya sampai bawah rombongan aman semua kondisinya sampai bawah, walaupun ada yang jalan pelan-pelan & sedikit drop waktu magrib kita sudah sampai di basecamp lagi. Dan malem itu juga kita langsung balik ke Cirebon, dan Balik Jakarta! dan seninnya NGANTOR sodara sodara! *sambil nyeret-nyeret kaki yang pegel gila.