Tuesday 6 January 2015

[Catper] Gunung Rinjani ~ Via Sembalun Senaru (Part 2)

Nyambungin catper dari Part 1 Rinjani

Berhubung di Puncak Dewi Anjani Rinjani itu areanya gak luas, kita gak terlalu lama diatas sana. Setelah semua anggota team nyampek puncak dengan selamat sentosa & ngantri foto-foto pun kelar, kita satu per satu mulai meluncur turun lagi. Waktu itu ane turun bareng si Agus, mahasiswa dari ITS yang baru aja ngerayain wisuda di Puncak Rinjani. Tapi...sebenernya doi malah belum lulus beneran dari kampus! Tragis nih nasib mahasiswa.HAHA, tapi dari puncak sana, mungkin bisa jadi motivasi buat doi biar cepet lulus.
Si Agus Wisuda
Perjalalanan turun berasa lebih ringan karena gak perlu nguji otot betis lagi, sebaliknya buat turun ini yang diuji isi dengkul. Track dari puncak mayoritas pasir berbatu yang bikin sepatu outdoor aja sampek tenggelem. Tips-nya kalau punya gaiter akan sangat membantu (gaiter : alat untuk cover antara lubang sepatu dengan betis kaki, supaya kerikil & pasir gak bisa masuk).

Berhubung jalan berdua sama si Agus, ini kondisi yang cocok banget tentunya buat FOTO-FOTO! kan bisa gantian! hahaha. Maklum di sepanjang jalan melipir punggungan kawah pemandangannya super pecah & super keren banget. Dari sana kita bisa liat birunya segara anak & dari kejauhan juga nampak Gunung Agung yang megah banget.

Selama perjalanan turun, tetep debunya gak bisa jauh dari jalan yang dilewati pendaki. Maklum waktu itu bulan agustus lagi musim kering di daerah Lombok. Jadi kalau ada masker, slayer ataupun yang jaman sekarang lagi ngehits semacem Buff bakal bantu banget biar nafas masih agak-agak bersih.

Waktu itu ane sama agus nyampek di Camp Pelawangan Sembalun sekitar jam 10.00 WITA. Kondisi udah panas banget jam segitu, mana kondisi lumayan drop habis kecapekan nanjak puncak Anjani & pastinya KELAPERAN! Ditambah lagi mental waktu itu beneran diuji lagi dengan realita sisa logistik yang bisa diitung ngepas banget sampek besok balik turun lewat jalur Senaru. Dan akhirnya siang itu perut cm diisi dengan yang namanya nasi tadi malem & INDOMIE (makanan paling ngehitz sejagat raya buat pendaki).

Panas yang makin panas di Pelawangan sembalun, makan yang bisa dianggep kurang bergizi, terus ada juga lebih sakit hati gegara liat bule yang makan mewah di sebelah tenda, plus dessertnya nanas seger! Sumpah itu mental & emosi diuji banget, kalau ada yang nyenggol bisa langsung bacok aja dah!

Ditambah lagi, kondisi fisik & psikologi diuji lagi sama bayangan perjalanan besok hari yang harus turun ngelewati jalur Senaru. Diliat dari Pelawangan Sembalun, jalur senaru itu terjal banget dari Segara Anak. Perjalanan kira-kira sekitar 3 jam nanjak dulu baru turun ke Senaru. Dengkul waktu itu serasa udah jiper duluan. Ngarep banget langsung ada helikopter yang jemput kesana! Tapi...itu hil yang mustahal! *Pedih*

Okelah! dengan jiwa seperti baja & ngumpulin lagi semangat yang udah bercecer. Kita packing & jalan turun dulu ke Segara Anak. Waktu itu kita turun sekitar jam 12.30 WITA. Kalau diliat dari atas sih jalur turunnya kayak deket & enak, tapi kenyataannya! Kenyataaannya...bikin stress! Jalan setapak turun kondisinya gak beraturan, ada beberapa titik yang harus sambil perosotan buat turun, dan pastinya dengkul diuji lagi. Waktu itu udah sugesti ke dengkul  supaya jadi model racing kayak balap liar di BKT.

Belum lagi ada yang jalurnya agak muter, naik turun bukit yang bikin makin berasa di PHPin lagi. Terus ada juga kita lewatin sungai kering, terus manjat tebing sekitar 2 meter! full pake tas carrier pastinya. Ohh...waktu itu mental udah drop se-drop drop-nya.
Jalan diliat perutnya...Please!
(Danau) Segara Anak
Tapi sekitar jam 16.00 WIB akhirnya kita satu persatu sampek juga di area Camping Segara Anak. Dengan badan yang udah mulai terkulai lemas, kita bagi-bagi tugas. Ada yang bagian mulai masak, mancing ikan di Segara Anak buat nambah-nambah lauk, ada yang udah tepar tiduran & ane sendiri milih ambil air buat konsumsi dari sumber air tawar disana. Berhubung sumber air ini sejalur sama sumber air panas yang biasa dipake pendaki mandi, ane waktu itu abis ambil air langsung aja berendem di air panasnya.

Sumpaaah ya!! itu rasanya gilaaa...mak nyesss! PLONG! *maaf lebay*

Nyaman banget buat badan yang lagi pegel-pegel stadium 4! Otot-otot yang kaku berasa lemes lagi, badan yang udah 2 hari gak mandi & ketutup debu bersenti-senti tebelnya langsung ilang & enteng banget. Berasa ganteng lagi, cuma ya percuma disana gak ada cewek yang liat *OK! abaikan*

Habis badan fresh, ane balik langsung ke tenda. Maklum airnya pasti lagi ditunggu buat masak. Jalannya sih gak lama, cuma sekitar 5 menit udah nyampek camping ground segara anak lagi.

Tentang Sebuah Nenek Pendaki (legend)
Pas waktu di segara anak sembari nunggu yang masak buat makan malem, silaturahmi antar pendaki selalu jadi hal yang selalu seru. Kenalan baru yang berasa keluarga lama itu udah jadi hal yang biasa buat kalangan pendaki waktu berada digunung.

Bareng Bunda (Versi Tuanya Medina kamil)
Nah kebetulan waktu itu, ane ketemu sama cewek yang biasa dipanggil Bunda. Sumpah! menurut ane Bunda ini medina kamil (red : presenter Jejak Petualang) versi tuanya, beliau ini penjelajah tangguh banget. Udah gak keitung lagi berapa banyak gunung yang udah didaki. FYI, bunda ini casingnya udah nenek-nenek, katanya sih beliau seumuran sama Indonesia merdeka. Tinggal diitung aja tuh berapa kan! yang jelas sih TUA & keriput! cuma buat fisiknya, masih gila banget...MACHOWATI! Beliau masih rutin banget naik gunung. Pendakiannya kemaren juga beliau ngajak keluarganya, sumpah itu KEREN! Semoga lain waktu bisa ketemu lagi...Bunda!

Malam Terakhir di Rinjani
Malam terakhir itu sepertinya sangat mengesankan, walaupun kondisi sangat dingin tapi suasana selalu hangat. Kita semua banyak mengenang perjalanan 3 hari sebelumnya. Mulai dari bertemu kawan yang awalnya belum kenal sama sekali, suka duka perjalanan sampai bahas kerennya Gunung Rinjani.

Makan malam pun terasa special dan pake telor (karet dua berarti pedes), kawan yang sore hari mancing ternyata dapat lumayan banyak ikan buat dimasak. Alhasil, dengan lauk ikan waktu makan malem, kita bisa ngirit alokasi logistik dan bisa dipakai buat perjalanan pulang besok harinya.

The Last Journey
Subuh pun tiba, kita semua udah mulai terbangun untuk nyiapin sarapan & persiapan untuk turun gunung. Eh, maksudnya mau turun gunung yang harus naik bukit terjal dulu kurang lebih 2-3 jam sampai di pelawangan senaru. Fiuuuh!!

Full Team (Dari Berbagai Penjuru)
Dari yang awalnya team kita bersepuluh orang, yang turun gunung ada 7 orang. Sisa tiga orang masih mau nginep semalem lagi di segara anak. Sekitar jam 07.30 WIB kita mulai start nanjak menuju jalur pelawangan senaru. Tracknya lumayan ngeselin, nanjak terus mlipir tebing. Kondisinya juga bukan jalan yang lebar, tapi ngepas sama badan aja. Lumayan ngos-ngosan juga sih, beberapa bagian track sampek butuh tangan juga buat manjat. Dan tantangan terakhir, harus ngelewati watu ceper. Itu udah manjat banget lah pokoknya! Berasa kapok pas jalanin, tapi pas udah ngelewatin malah nagih.

Track Menuju Pelawangan Senaru dari Segara Anak
Watu Ceper...kebayang kan Gimana kita Nanjaknya?
Menuju Turun dari Pelawangan Senaru
Pas matahari di ubun-ubun kepala, kita akhirnya nyampek di Pelawangan Senaru. Perjalanan tinggal turun aja, gak pake nanjak! Cuma ada beberapa bagian track yang agak ngeselin gara-gara debu yang tebelnya bisa sampek mata kaki.

Track turun jalur senaru ini sangat beda dibanding jalur sembalun, sepanjang perjalanan menuju gerbang senaru kondisinya padat vegetasi pepohonan. Di jalur sembalun kita gak nemu yang namanya vegetasi lebat, nah di senaru ini vegetasinya khas daerah tropis banget.

Karena ngejar waktu biar cepet nyampek bawah, kita jalan sambil sering lari-lari kecil. lari lari & lari lah pokoknya! Sesekali paling berenti gara-gara macet tubrukan sama pendaki-pendaki bule yang jalan dari bawah. Finally, gak nyampek jam 5 WITA kita udah nyampek di Pintu Pintu Gerbang Senaru. Alhamdulillah.

Gerbang Pelawangan Senaru
Dari gerbang ini, kita pake lagi mobil sewaan yang sebelumnya kita sewa pas berangkat. Kita sebelumnya udah janjian buat minta dijemput di senaru. Dari Senaru kita langsung meluncur ke Pantai. Biar nampol sekalian lah, dari Gunung langsung ke Pantai. Malem itu kita langsung cari penginepan di Pantai Senggigi. Dapet homestay buat rame-rame 7 orang. Waktu itu posisi penginepannya deket banget sama pasar seni Pantai Senggigi. Murah!! cuma 300 rebu ditanggung 7 orang sodara-sodara!
Loncat sambil Ngeden
Santai-santai di Pantai dulu pagi harinya, sambil cari oleh-oleh disekitar sana. Pesawat balik jakarta waktu itu jadwalnya malem, jadi masih bisa agak nyantai. Tinggal naik damri dari Senggigi, duduk santai sekitar 2 jam nyampek deh di bandara Lombok.

Terbang ke jakarta...Cuss! dan besoknya langsung ngantor! Bye!

Thanks to :

1. Allah SWT...
2. Bapak & Ibu, plus semua keluarga di Rumah...
3. Teman baru selama diperjalanan, tapi udah berasa keluarga...
4. Abang sopir yang udah nganter kita PP ke Rinjani...
5. dan yang pastinya buat semuanya yang udah dukung & doain perjalanan ini lancar jaya!

Genk Ketek 3726 mdpl
Peta Gunung Rinjani << KLIK

1. keren artikelnya mas, jadi mau kesana :D. semoga bisa kesana dan selamat sampai tujuan. aaminnn

2. Kereeennn ngilerr pengen ke sana juga... Mdh2n tercapai aamiin

3. lucu baca tulisannya mas. Belum ada sebulan saya juga nekat kesana berdua aja sama adek, jadi ketawa2 bacanya sambil inget2 trek bukit penyesalan, trek turun plawangansembalun-segara anak sama trek naik segaraank-plawangan senaru kaya gimana serunya :'D