Wednesday 29 April 2015

[CatPer] Gunung Guntur ~ Si Pendek Ngeselin

2015! Akhirnya ane start lagi nanjak gunung setelah terakhir nanjak lucu di Gunung Papandayan bulan november 2014. FYI aja, kebanyakan gunung di bulan januari-maret pada digembok (musim cuaca buruk & buat pemulihan vegetasi), jadi ya selama itu ane cuma bisa hibernasi dari dunia per-gunungan. Sepiiii...Kangen... *kangennya ngalahin kangen sama mantan ataupun gebetan! *TABOK!*

Buat nyambut long weekend awal bulan april, ane langsung kepikiran pengen nanjak lagi. Target pertama nyari temen! Nah...gak jauh-jauh langsung aja ane coba ajak si Putu bohay. Doi udah partner paling pas banget di beberapa pendakian ane sebelumnya. Bayangin coba, tenaganya kuli! Selera musiknya sepanjang perjalanan punk-rock-dut (dangdut), carriernya 100L!  sampek kulkas pun kayaknya bisa dia bawa. Dan yang penting lagi, si Putu bohay ini JOMBLO! jadi gak ada alasan buat dia nolak gara-gara dilarang pacar.HAHA

Tujuan! mau kemana? awalnya si bohay plan mau ke Gunung Ciremai, tapi berhubung ane udah agak ngehindarin gunung ini gara-gara tanjakannya yang tanpa ampun. Munculah alternatif ke GUNUNG GUNTUR di Garut, dan pas banget kita berdua belum pernah ada yang kesana.

Landscape Gunung Guntur
Berhubung masih berdua aja dan takut dikira mau berduaan sama si bohay di Gunung! kita coba promoin ke temen-temen yang lain. Singkat kata singkat cerita, kita bisa dapet 6 biji orang yang mau ikut nanjak. Formasinya kayak mau tawuran antar gender dengan 4 cewek (ayu, putty, esi, ajeng) & 4 cowok (ane, putu, panji, riri). Dari beberapa temen ini, ada yang udah kenal dari awal & sisanya baru ketemu pas mau nanjak.

Kamis malam 2 April 2015 ini bisa jadi hari bersejarah banget buat perjuangan ngelawan penjajah, ehh macet! mau ke terminal kampung rambutan aja dari Cawang butuh 2 jam-an. Berasa mati gaya banget di taksi! Bisa dibayangin kan, Jakarta menyambut long weekend dan kebetulan banget waktu itu ujan gede. Cuma bisa pasrah ! Ujian sabar...

Berhubung udah ngumpul semua di terminal kampung rambutan, sekitar jam 23.30 WIB kita meluncur ke Garut naik bus antar kota. Isi penumpang bus bisa diperkirakan secara statistik yang telah teruji oleh mbah jingkrak, 80% pendaki yang mau nanjak! Entah itu ke Guntur, Papandayan, Cikuray ataupun gunung-gunung kece lain yang ada di Garut.

Waktu di bus, ane udah ambil mode hibernasi aja tuh. Gak berselang lama setelah kondektur narikin karcis, ane udah merem-merem melek aja kayak tidurnya ayam sambil eek. Lamaaa.. udah kebawa mimpi juga! 2,5 jam kemudian melek dikit, masih di tol dan kirain udah mendekati Garut. Ternyata!! ngecek GPSnya telpon pinter, posisi masih stuck di Tol sekitaran bekasi. Mamfusss! biar kata di socmed bekasi ini udah masuk planet lain, tapi tetep aja perjalanan kita ke Garut masih jauh VROH! Ujian sabar lagii...dan ini ujiannya gak dapet bocoran, trus penjaganya killer *nangis darah*

Akhirnya kita bisa dengan selamat mendarat di Garut sekitar jam 05.30 WIB, tepatnya turun di Pom Bensin Tanjung. Sambil masih jetlag, kita ISHOMA dulu sebelum berangkat, tak lupa ane juga harus ritual sebelum nanjak. Udah... jangan bayangin yang aneh-aneh ritualnya! Simple kok, ane cuma masuk ruangan kecil sambil ngantri dikit, trus nongkrong beberapa menit, dan akhirnya bikin LEGA! yu no wot ai min.

nyemil go reng-an (DONE), mbungkus nasi yellow buat lunch (DONE), ritual (DONE), beli water plus botolnya (DONE), re-packing (DONE). And kita siap nanjak! Awalnya di itinerary kita mau nebeng truk pasir sampai kaki gunung Guntur. Tapi ternyata si bohay udah nego sama abang-abang angkot, dan akhirnya perjalanan kita ke kaki gunung bisa lebih nyaman (dikit).

Basecamp Pak RW
Sebelum nanjak Gunung Guntur pastinya kita harus registrasi dulu, nah kebetulan untuk proses administrasi di gunung ini langsung diurusin sama Pak RW daerah setempat. Pak RW ini orangnya ramah & baik banget, sebelum nanjak kita diberi beberapa pesan buat di perjalanan, terutama buat lebih waspada sama barang pribadi, karena di Gunung Guntur ada beberapa kejadian pendaki kehilangan barang berharga. Untuk syaratnya nanjak, cukup tulis nama anggota kelompok di buku & ninggal KTP salah satu anggota yang nanjak.

Jamaah Guntur Behong (Full Team) depan Basecamp - putu's gopro
Start nanjak
Secara keseluruhan track awal pendakian cenderung landai dan nanjak dikit-dikit. Mulai dari ngelewatin tambang pasir, terus masuk vegetasi semak, dan lanjut masuk vegetasi hutan (agak lebat). Baru setengah jam jalan, jamaah behong mau gak mau emang harus dibagi karena kondisi fisik yang beda-beda. Di depan ada genk putty, ajeng, esi & di back-up sama si Putu. Genk depan ini bisa dibilang fisiknya masih yahud, terutama putty! udah macem kuda liar gak punya udel aja jalannya. Ngaciiiir terus...! Gak selisih jauh ada ayu, terus yang back-up ane. Mayan lah fisiknya si ayu buat pendakian pertamanya. Terus yang terakhir ini bagian sweeper ada pasangan Panji & Riri. Belum komen dulu buat pasangan ini, ntar aja di bawah komennya.

lady Hikers
Panji (booked) & Putu (available)
Pos-1 (Sungai Citiis)
Jika dihitung dari basecamp, lama perjalanan untuk sampai nyebrang di sungai ini (Pos 1) sekitar 1 jam perjalanan, itupun udah jalan santai gak pake lari. Di aliran sungai ini pendaki bisa nge-charge air buat melanjutkan perjalanan. Apalagi masih seger juga airnya, bisa diminum langsung. Kita istirahat sekitar 30 menit buat pulihin tenaga di tempat ini.

Sungai Citiis Seger
Pos-2 & Pos 3 (Curug Citiis)
Berhubung badan udah mulai seger, kita lanjut perjalanan langsung menuju pos 2 & 3. Untuk sampai di Pos 2 juga jaraknya gak jauh, Pos 2 ini posisinya di deket sungai juga, jadi bisa dipakai untuk istirahat. Karena kita pengen efektif waktu, perjalanan langsung lanjut menuju Pos 3.

Tantangan track nanjak Gunung Guntur pun dimulai. Padangan di depan cuma bisa liat tanjakan batu tanpa ampun. Tapi dengan kekuatan pepatah yunani kuno "alon-alon asal kelakon" kita semua bisa ngelewatinnya. SUPER SEKALEE! Walaupun ya sambil nafas ngos-ngosan dan sambil nyeret-nyeret yang gak kuat, perjalanan tetep seru. Apalagi liat view pegunungan yang cakep abiss di sekitar Gunung Guntur, obat capek banget!

Satu-persatu jamaah behong sampai di Pos 3, waktu itu sekitar jam 11.30 WIB semua udah kumpul lagi. Berhubung tenaga udah tinggal dikit, kita langsung keluarin nasi yellow bungkus untuk lunch (gak papa lah ya ngomong kayak Tinja Laura, biar kebulek-bulek'an). Lauknya sih cuma sama oreg tempe, sambel & tongkol doang! Cuma rasanyaaaa VROH! mak nyess  banget kalau kata pak bonbondan. Apalagi sambil ngerasain semriwingg angin gunung...JOS!

Menuju Puncak 1
Ngeliat track dari Pos 3 ke puncak 1 bikin jantung langsung ser-seran. Kita membulatkan tekat untuk kesejahteraaan rakyat Indonesia jalan-jalan, perjalanan dilanjutkan! Semangat membara!

Terus baru 1...2...3...langkah, PANAS! langsung kebayang pasti capek ntar nanjaknya, banyak kerikil rapuh pula...kayak hati ini :( #dilarangcurcol *TABOK*

Oke fokus nulis, eh ngetik! waktu itu di Pos 3 ada camp relawan, jadi kita harus registrasi ulang dulu sebelum ke puncak. Biar gak dianggep pendaki ilegal & nama kita ter-record sama yang ngurusin gunung guntur.

Menembus kabut menuju Puncak 1
Pelan-pelan nanjak, nanjaknya pelan-pelan. Jamaah cewek lain tetep ngacir di depan bareng putu, kecuali ayu. Formasinya masih kayak cerita diawal tadi. Panji & Riri dibelakang bersama...tak terpisahkan...istirahat bareng, sampai sempet juga ane nge-gepin mereka tidur bareng! soswit anet! Ehh...jangan mikir yang negatif dulu! mereka sih kayaknya cm merem bareng aja di jalur pendakian menuju puncak 1, tapi detailnya gak tau juga mereka ngapain aja. Coba langsung dikonfirmasi ke orangnya.

Intim Berdua
Nah...bersyukurnya sepanjang perjalanan sekitar 3 jam menuju Puncak 1. kondisi cuaca lagi baik banget, gak panas, gak gelap juga! pastinya sejuk gara-gara kabut tipis sampai tebel yang nemenin kita sampai di puncak. Cuma tetep aja capek! otot tenang!

Setelah kita semua sampai puncak 1 dan dapat area buat camping, kita langsung persiapan buat bangun tenda & masak. Bagi-bagi tugas ke semua jamaah behong yang nanjak.

Buat pendakian kali ini, stock logistik kita tetep melimpah kayak biasanya. Segala macam lauk instan ada! Mau nugget ADA, mau bakso ADA, mau telor ADA, mau sosis ADA, mau sarden ADA, belum lagi cemilan & makanan pelengkap yang lainnya. Ini namanya piknik gunung! makan di Gunung itu bukan tentang bikin kenyang perut aja, tapi citarasanya akan beda kalau makanan diatas dimakan di tempat biasa. Belum lagi tambahan bumbu kebersamaan dari semuanya & pastinya dengan view alam yang amazing juga. Tak ternilai lah pokoknya. Itu kenapa ane khususnya, selalu kangen GUNUNG!

Masak Senyum, tapi moga aja panji gak kebelet
Malam pun datang, kabut yang awalnya pekat waktu sore hari di Puncak 1 pun mulai menghilang. Pemandangan city light arah kota Garut semakin menambah seru suasana. Belum lagi obrolan & celotehan alam dengan para pendaki lain yang camping di area Puncak 1 bikin suasana di gunung selalu hidup. Tak ada batasan kalau kita ada juga yang belum kenal, tapi waktu itu seperti biasanya saja, semuanya sudah seperti keluarga & sahabat alam!

City Light
ISTIRAHAT...tidur pules ~~

Waktu yang lain masih pada pules hibernasi, ane jam 3an kebangun & ngeliat keluar. Ternyata panji juga udah kebangun sambil masak-masak dini hari. Katanya sih kelaperan! Tapi ya lumayan juga, ane bisa ngicip-ngicip dikit.

Gak berselang lama, subuh pun tiba. Kita atur strategi buat summit attack ke puncak. Rombongan pertama ane, riri, putty, ajeng, esi & ayu jalan duluan mau ngejar sunrise. Sisanya putu & panji stand-by dulu di tenda biar barang-barang juga aman. Cuma butuh sekitar 30 menit sampai di Puncak 2 Gunung Guntur, dari puncak 2 ini sebenernya ngarep sunrise-nya kece. Tapi apa daya, sunrise nya masih PHP, malu-malu buat keluar.

Menuju Puncak
Puncak 2 Gunung Guntur
Kampung Pendaki Puncak 1
Tapi untungnya, view pagi itu kece parah. Cuaca cerah, jadi pegunungan yang ada di sekitar Gunung Guntur pada nampang dengan gagahnya. Paling gak koleksi foto buat pamer udah lumayan lengkap. Muahahaha! Gak berselang lama, kita turun lagi ke Puncak 1. Makin siang pemandangan di sekitar Gunung guntur juga makin amazing banget

Nyampek di tenda, putu & panji langsung siap-siap buat nanjak, ganti kloter! Dan gilanya, si putty ikut lagi. beneran deh ini bocah kayak gak punya udel. padahal jujur diawal ketemu putty di terminal kampung tambutan, model-modelnya kayak anak mami manja (maap putt.haha). Tapi ternyata kuda juga tenaganya, mungkin didukung badan dia yang masih ringan banget kali ya...kena angin aja mungkin ikut terbang.HAHA

Sambil nunggu mereka yang lagi summit attack, kita yang di tenda nyiapin makan. Tepatnya para cewek-cewek sih, ane tetep hunting foto & abis itu tidur di tenda. Sisa logistik masih banyak, tapi stock air minum tipis banget. Jadi mau gak mau harus ngirit air buat dipake turun. Bersyukurnya juga, ane ke gunung kali ini bawa SEMANGKA! jadi air di buahnya itu melimpah banget, nah waktu kita pada kepanasan & tenggorokan kering, semangka ini jadi obat yang ampuh gila. Sampek bagian kulit semangka yang warna putihnya pun kemakan juga.

Buah paling seger didunia ~ kalau dimakan pada waktu yang tepat
Setelah makan dengan menu yang istimewa, kita langsung siap-siap untuk turun gunung. Semuanya kebagian tugas, ada yang bagian bongkar tenda, beresin peralatan masak, ada yang ngumpulin sampah, blablabla banyak lah. Berhubung udah hampir tengah hari, kita langsung meluncur turun menuju ke pos 3 (curug citiis).

Full Team sebelum turun - putu's gopro
Perjuangan yang sebenernya baru dimulai! emang sih track-nya turun, tapi yang bikin ngeselin itu kerikil & pasir yang ada disepanjang track dari puncak 1 sampai ke pos 3. Kalau sepengalaman ane jalan turun di pasir, masih mending turun waktu di pasir Semeru ataupun Rinjani. Paling gak disana ngerem kaki masih enak. Nah ini ngerem susahnya minta ampun, dijamin deh yang pernah naik gunung guntur pasti ngerasain susahnya turun gunung. Biar aman kebanyakan pendaki malah lebih seneng prosotan langsung di pasir kerikilnya. Soalnya kalau maksa jalan tegak, dijamin deh bakal ngerasain yang namanya kepeleset. makanya tips nih buat yang mau prosotan, celana harus tebel! kalau enggak dijamin sobek & bolong

Dari perjalanan turun ini ane sekarang jadi ngerasain gimana susahnya nanjak-turun di Gunung Guntur. Secara ketinggian sih boleh aja dibilang gunung guntur ini pendek (2249 mdpl), tapi track nya itu lho ngeselin banget! Buat ujian mental & kesabaran cocok banget pastinya. Dan efek lainnya, gunung ini udah sukses bikin pantat ane lebih berisi, teruji lah ke-intiman pantat ane sama pasir kerikil guntur

Tapi sesusah  apapun itu, naik gunung mah kayak kapok diawal aja. Pas kemarin sih rasanya gak mau balik lagi, tapi sekarang-sekarang kalo diajak kesana lagi. Emm...kayaknya gak langsung nerima juga sih.HAHA, mungkin next time aja yang gak tau kapan kesana lagi.

Turun gunung paling ngeselin track-nya
Alhamdulillah banget kita sampai basecamp lagi semuanya aman sentosa jaya abadi. Waktu itu sore hari jika jalan dengan kondisi ujan gerismis yang cenderung rata banget, jadi ya basah-basahan sampai di basecamp. Beruntung lagi di basecamp masih ada truk yang stand-by buat angkutan balik ke Terminal Guntur. Legaaa...!!

Tapi... bentar dulu! cerita belum kelar, ujian terakhir ternyata masih ada. Topiknya juga masih tetep sama kayak waktu berangkat. MACET PARAH! katanya sih ada banjir di daerah lewatan jalur bus ke Jakarta. Otomatis jalurnya jadi muter, gak tau deh lewat mana. Ane cuma berusaha tidur aja gara-gara udah capek banget. Kita berangkat dari Terminal guntur sekitar jam 8an malem, daaaan nyampek jakarta sekitar jam 3an. Pantat udah berasa panas banget tuh! Untung aja masih hari minggu, jadi masih bisa istirahat sebelum seninnya jadi kuli lagi

Tips & catatan kecil perjalanan :
  • Tahun 2015 ini harga bus Garut - JKT udah naik, kisarannya dari Rp 52.000,- Rp. 55.000,-
  • Turun bus di SPBU (POM) Tanjung, lebih dekat dibanding dari terminal.
  • Buat sampai ke basecamp & start trekking, bisa nebeng truk pasir dengan biaya seikhlasnya. Atau bisa juga sewa angkot dari SPBU, kita kemarin kena Rp. 15.000,- per orang (itungannya mahal)
  • Waktu baliknya, mending langsung ke Terminal Guntur Garut biar dapet tempat duduk. Usahain jangan sampai jam 5 sore, soalnya udah sepi truk yang bisa ditebengin. Kita kemarin masih beruntung, habis magrib masih ada truk yang stand-by. Ongkos per orang ke terminal Rp. 20.000,-
  • Sumber Air di gunung guntur ada di Curug Citiis
  • Buat turun gunung disarankan pake celana yang tebet buat prosotan, dan pastinya akan lebih safety pakai sepatu daripada sandal.
  • Buang sampah ditempatnya, jangan ditinggal di gunung
  • Waspada pencuri di area camping, usahakan ada yang jaga barang waktu ditinggal summit attack. bahkan waktu tidur, barang berharga jangan ditaruh sembarangan. Walaupun itu didalam tenda!
  • Jangan lupa bawa kamera, minimal kamera hape, karena pemandangan di Gunung Guntur kece badai.
Terima kasih :
  • Allah SWT
  • Orang tua tercintah
  • Jamaah Guntur Behong : Kalian LUAR BIASAAAA *gaya ariel noah*
  • Pak RW
  • Ibu nasi yellow yang juara rasanya
Sekian dan terima recehan...Sampai jumpa di trip gunung berikutnya :)

Oh iya! ini ada video pendakian kita karya si bohay! Cekibrot

1 comment:

1. wow sudah lama sekali saya tidak melancong gunung gutur. dapat kabar tahun 2015 kebakaran. semoga tidak terulang lagi gunung guntur