Thursday 3 June 2010

Keindahan Struktur Malang Selatan Dari Sisi Kedokteran Bumi

Sabtu, 29 Mei 2010 saya mencoba untuk mengisi liburan di daerah Malang Selatan. Tujuan utama kita kesana buat menikmati keindahan pantai-pantai pantai yang terbentang luas yang biasanya disebut pantai selatan. Kondisi alam di daerah selatan beberapa memang masih alami, terutama untuk obyek wisata pantai. Sebut saja yang sudah dikenal adalah Pantai Balekambang, Pantai Sendang Biru, Pantai Kondang Merak, pantai Ngliyep dan tentu saja eksotisme Pulau Sempu yang tentunya masih sangat alami kondisi alamnya, sehingga sangat cocok untuk refreshing.

Dalam perjalanan kali ini kita berencana menuju Pantai Bajol Mati dan Pantai Tamban. Dari kedua pantai ini salah satu memang sudah pernah saya kunjungi, yaitu pantai Tamban. Seperti yang sudah pernah saya tulis sebelumnya di blog ini, Pantai tamban merupakan area lengkap dengan struktur batuannya. Diantaranya adalah di pantai ini diapit oleh 2 tebing yang berasal dari batuan yang berbeda, yaitu disebelah barat terdapat tebing yang tersusun dari batuan kapur/gamping. Tebing itu dapat dikatakan muncul karena adanya patahan didaerah tersebut. Di sisi sebelah timur kita dapat melihat adanya tebing yang tersusun dari batuan beku. Jika kita ingin mencari batuan lainnya, misalnya batuan metamorf. Kita dapat mencarinya dengan menelusuri area di dekat hilir sungai, ada kemungkinan akan ditemukan batuan metamorf yang sangat kompleks jenisnya. Tentunya batuan metamorf ini merupakan hasil transportasi dari hulu sungai yang hilirnya ada di Pantai Tamban. Jadi saat kita disana, selain bisa menikmati keindahan samudra hindia dan eksotika pulau sempu yang terpisah dengan Pantai Tamban juga bisa mencoba menganalisis tentang semua hal tentang kedokteran bumi.
(Jangan dilihat orangnya, tapi lihat strukturnya)

Dalam perjalanannya memang  untuk menuju daerah ini memang tidak mudah, karena jalan yang dilewati sempit, dan sangat berpotensi terjadi longsor. Ini terlihat saat di beberapa jalan terdapat retakan, dan oleh warga sekitar dipagari. Karena sangat berpotensi tanah tersebut longsor. Akan tetapi saat menuju Pantai Bajol Mati perjalanan sedikit lebih nyaman, karena jalur jalan raya yang lebih baik untuk dipakai touring dengan motor. Di samping kiri dan kanan jalan akan terlihat adanya kenaikan tanah, kalau di telaah secara kedokteran buminya disana memang area dari zona subduksi. Maklum saja daerah tersebut merupakan daerah pertemuan dua lempeng, yaitu lempeng Indo Australia dan lempeng Eurasia. Saat ditengah perjalanan kali menemukan suatu daerah yang sangat indah dari segi kedokteran bumi yaitu struktur batuan sedimen yang tersusun indah dengan warna yang menarik.

Secara detail mungkin bisa dijelaskan oleh teman-teman dari kedokteran bumi bagian geologi untuk masalah struktur tersebut.hehehe. Tapi secara umum memang potensi malang selatan dari segi Batuan, Mineral, Penelitian Mitigasi Bencana, dan Wisata memang mengagumkan.
Setelah sampai di pantai Bajol Mati, kita hanya bisa mengucap kalau sungguh besar ciptaan Tuhan Yang Maha Esa (Allahu Akbar). Karena seperti dipantai lain di daerah pantai selatan, banyak sekali potensi pasirbesi yang terhampar di sepanjang pantai. Walaupun sayang sekali saat di Pantai bajol Mati kita dilarang untuk mandi/berenang di pantai, karena daerah pantainya merupakan zona palung laut, jadi sangat beresiko jika pantai tersebut banyak orang berenang. Akan tetapi Kita sangat bersyukur dapat menikmati alam sambil menggali informasi. Salam Lestari…!!!(AP)

1 comment: