Tuesday 10 March 2015

Cave Tubing Kalisuci Wonosari Gunung Kidul

2015 !

Gak kerasa udah ganti tahun aja, gak kerasa lagi tahun ini Insya Allah bakal nambah tua lagi. Dan gak kerasa lagi tengah tahun udah mau lebaran lho (gak nyambung), siap-siap jawab pertanyaan klasik yang sebenernya udah ditanyain di tahun-tahun kemaren. CURCOL! yaudah skip aja, ini kan niatnya mau bikin catper. *tabok*

Mulai celometan catpernya! Alkisah, baru aja kemaren akhir februari  ane mulai start jalan-jalan di tahun 2015. Berhubung gunung-gunung kebanyakan masih pada digembok, akhirnya ane milih buat main air aja. Bukan dilaut, tapi main air di kali.

Kemana? namanya masih gunung juga sih, Gunung Kidul. Cuma buat ke Gunung ini gak perlu capek-capek ndaki, cukup pake kendaraan aja bisa nyampek sana. Nah kemaren ane kesana motoran dari Jogja, motornya hasil Begal, eh maap! Hasil nyewa maksudnya, di Jogja.

Agak nekat juga sih sebenernya, kesana cuma berdua sama temen. Dan pastinya gak ada yang pernah hafal jalanan sana.  Modal kemaren cuma google maps yang ada di telpon pinter, jadi langsung ngikutin direction aja dari Jogja sampai ke daerah Wonosari Gunung Kidul. Untung aja gak pake nyasar, malah pas berangkat berasa nostalgia banget jalanan disana sama jaman dulu kuliah ngelewatin daerah Pujon Batu, Jatim. Ijo, adem, berkelok-kelok, naik turun...sumpah seru!

Tujuan utama kita mau Cave Tubing di Kalisuci yang ada di daerah Semanu. Estimasi waktu perjalanan dari Jogja sekitar 2-2,5 jam pakai kndaraan pribadi. Tempat ini bisa dibilang masih lebih sepi & alami dibanding Caving di Goa Pindul. Maklum kan, udah jadi rahasia umum Goa Pindul sekarang  wisatawannya udah rame banget macem pasar tiap weekend-nya.


Kalau mau tau info Cave Tubing Kalisuci bisa mlipir dulu ke blognya Kalisuci. Di dalemnya ada contact person buat mastiin, kondisinya lagi buka apa gak, soalnya kadang bisa juga tutup gara-gara cuaca atau kondisi yang lainnya. kalau belum tau sama sekali sama posisinya, bisa dicari di internet petanya.

Berhubung ane cuma dua orang yang dateng kesana, akhirnya harus gabung sama rombongan lain biar sekalian menuhin kuota yang bakal jelajah sungai & goa. Tarifnya buat weekend, per orang Rp. 70.000,-, udah dapet asuransi, life jacket sama pelindung tangan & kaki buat safety. Oh iya lupa, namanya aja Tubing, pastinya udah dapet juga per orang 1 buah ban buat dinaikin.

Rute perjalanan sungainya, kita harus ngelewati 3 apa 4 goa (maap lupa-lupa inget) sampai akhir di finish. Lama perjalanan sekitar 1,5-2 jam, ini tergantung banget sama lamanya istirahat sama foto-fotonya.HAHA. Kondisi sungai & goa masih alami banget, gak banyak sentuhan kerusakan dari manusia. Jadi kalau buat rekomendasi, lebih seru di Kalisuci di banding Goa Pindul.








Dari perjalanan nyusur sungai, cuma ada satu yang agak ngeselin. Pas mau balik ke basecamp lagi! sumpah itu anak tangga yang nanjak banget bikin kesel level dewa. Untungnya aja pas udah nyampek atas ada semacem mobil shuttle (pick up), jadi gak perlu jalan ke tempat awal kita start.

Setelah bersih-bersih & badan seger lagi kita langsung meluncur cari makan. Perut waktu itu udah kelaperan banget, maklum dari pagi belum keisi sama nasi (indonesia banget). Nah, di wonosari ini ada warung makan yang ngehits banget, dan pastinya recommended lah menunya. Namanya Lesehan Pari Gogo, menunya special khas daerah. malah ada yang unik juga, buat yang pengen nyoba Belalang & Kepompong Goreng ada disana. Selain itu sayur cabenya juga juara lah segernya, ane sampek nambah.HAHA



Berhubung perut kenyang & tenang udah full, kita langsung meluncur lagi ke Jogja buat lanjut city tour dan wisata budaya. Badan capek sih, cuma gak nyesel walopun cuma sehari main-main di gunung kidul. 

Tips :
  1. Sebelum kesana, pastikan dulu ke operator kalisuci tentang buka tutupnya.
  2. Bawa baju ganti pastinya
  3. Pastikan untuk alat elektronik buat dokumentasi udah waterproff, soalnya di sungainya bakal basah-basahan.
  4. Rekomendasi makan di Lesehan Pari Gogo (daerah semanu)
  5. Jangan lupa doa :)
Peta :

1 comment: