Saturday 13 September 2014

Rafting Sungai Citatih - Sukabumi

 
Gegayaan Berdiri, Jeramnya udah kelewat!

Masih dalam Rangka buat realisasi Kejar 2014!, Catpernya nyicil banget gegara tukang blognya males-malesan ngeluangin waktu buat corat coret!

Nah...! Dari targetnya antara bulan mei-juni 2014 mau ke Gunung Gede, tapi ya gitu akhirnya status jadi cancelled!  Awalnya udah niat banget mau kesono akhir Mei yang ada libur jelek, tapi setelah cek & ricek di website TNGP hasilnya miris. Semua sisa tanggal di Mei udah full booked sama pendaki. 

Rasanya itu sakitnya disini *pegang ketek* | *abaikan*

Disaat lagi depresi gegara gagal nanjak, ada sekelebat whatsapp dari Om Kubil. Kenalin dulu ye, Om Kubil ini deskripsinya unik & langka. Macem hewan yang hampir punah dimuka bumi & perlu dilindungi. Doi terakhir nanjak bareng sama ane waktu di Ranu Kumbolo Semeru. Asik gila lah hidupnya!

Singkat kata singkat cerita doi ngajakin rafting ke Sukabumi. Tepatnya sih di Sungai Citatih, 1 day trip tektok Jakarta Sukabumi. Gak mikir panjang akhirnya tawaran menggiurkan ini langsung approved! Dengan mahar blablabla buat share cost sama koordinatornya. Akhirnya mei berangkat jalan-jalan juga.

Selain ane sama om kubil, ada temen juga yang ngikut buat rafting. Mereka ada yg namanya Ayu, Nabila sama Perdi (Panggil aja namanya Si Encok). Nah dari rombongan kita, digabungin juga sama tukang jalan yang lain. Total jendral ada 15 orang yang berangkat dan ditumpuk dalam satu mobil elf.

Akhirnya tanggal 29 Mei 2014 pagi kita meluncur dari Jakarta. Perjalanannya sih lumayan! Lumayan bikin panas pantas sih tepatnya. Cuma ya berhubung kita mulutnya pada rame, gak kerasa udah nyampek aja di Sukabumi. 

Stop site awal kita ke EO yang ngurusin Rafting di Sungai Citatih. Makan siang dulu, kencing, Eek (eh gak jadi), terus persiapan buat terjun ke sungai. Buat nyampek di Sungai Citatih kita musti naik angkot dulu sekitar setengah jam. Jalannya sempit plus plus dikit banget ratanya, jadi banyak banget batu yang nonjol. Bisa bayangin deh itu si Encok gimana punggungnya di kocok-kocok! Hahaha *ketawa puas*

Nyampek di pinggir sungai, kita persiapan perlengkapan & briefing sama aa' guide-nya. Perlengkapannya sih standar, pasti ada perahu karet (kalau perahu titanic kuatir pecah lagi), Dayung, Life Jacket (pelampung), Safety Helmet (bukan helm motor). Terus sunblock, buff, & beberapa obat kece biar difoto keliatan agak cakepan *abaikan kalimat terakhir*.

Abis semua beres, kita start buat Rafting. Masing-masing perahu karet dipandu sama aa' guide (lupa namanya). Di awal perjalanan kita disuruh nyoba beberapa style di dalam Rafting, dan yang paling penting sih latihan buat kompak ngedayung. Kalau maju ya maju semua, kalau mundur ya mundur semua. Soalnya kalau ada yang maju ada yang mundur yang ada ntar malah muter-muter aja perahunya. Oh iya, berhubung kita ada 4 perahu, jadi kita dilatih juga buat rescue kalau misal ada perahu lain yang terbalik. 

Action pertama, si aa' guide tiba-tiba ngomong," mumpung airnya masih tenang, ada yang mau turun dari perahu & berenang gak?". Biar menyatu sama sungai sih katanya. Just info, di sungai kalau ada air tenang berarti sungainya pasti makin dalem, jadi (agak) aman kalau mau nganyut kayak yang warna kuning itu di kali...yu know wot ai min! haha

Ane sama si Bila mutusin buat turun, soalnya asik juga ngambang di sungai kayak gitu. Terus yang lucu, si Encok ikut juga nyebur. Tolong dicatat ya, doi ini paling amatir kalau masalah renang. tapi untungnya kan ada life jacket! Udah ratusan meter ane sama bila nganyut, perahunya juga ikutan nganyut. Dan waktunya juga naik lagi ke perahu. Tapi secara gak sadar, ada yang ketinggalan gak nganyut! Siapa lagi coba kalau bukan si Encok! antara pengen ketawa sama kasian, doi ketinggalan lumayan jauh sama perahu & rombongan nganyut di depan.

Mau gak mau akhirnya kita harus nunggu si Encok yang masih macet-macetan nganyut dulu, tapi untung aja gak ada apa-apa. Semua aman sentosa naik perahu lagi.

Finally, abis itu jeram-demi jeram sudah siap menyambut kita. Total sih kata si aa' guide ada 25 Jeram. Dan semua jeramnya itu sumpah seru banget ngelewatinnya! Ada yang bikin goyang kanan-kiri, muter-muter, kocok perut naik turun. Lengkap lah pokoknya! Dan gak jarang juga ada perahu lain yang tebalik atau sampai nabrak & naik ke atas batu waktu ngelewatin jeramnya.

Yang penting pas disana, kita ngerasa jadi tim paling berisik dengan teriakan :

MAJUUU...MAJUUU
...MAJUUU...!

MUNDUR...MUNDUR...MUNDUR...!

Sumpah itu seru banget teriak-teriak sampai suara serak! Tapi yang penting bisa bikin kompak dan perahu kita lancar & aman ngelewatin Jeram.

Nah...waktu hampir mau finish! akhirnya kita kebagian juga ngerasain rescue tim lain yang tiba-tiba perahunya terbalik waktu ngelewatin jeram. Agak panik & kaget kita berusaha nangkep orang-orang yang udah berhamburan dari perahunya yang terbalik. Angkat masuk ke perahu kita, dan rasanya lega bangat bisa nyelametin orang. Udah macem superhero Bima Satria pembasmi ke-alay-an!

Sampai di garis finish, badan rasanya udah capek banget! Turun, dan langsung MAKAN, pake AYAM, pake IKAN, pake KERUPUK, LAPAPAN, SAYUR ASEM, dan SAMBELnya dibanyakin. Eh ketinggalan...minumnya KELAPA MUDA! 

SURGAAAAAA...nyes banget dah badan sama perut!

Alhamdulillah...

Abis semua beres buat bersih-bersih, kita langsung siap-siap packing buat balik lagi ke Jakarta malamnya! naik ELF lagi! Tapi tiduuur terus sampai JAKARTA!

End!

Ini Gegayaan kita waktu Rafting!






Kita Tenggelem :(


No comments:

Post a Comment