Saturday 13 September 2014

Caving Buniayu = Jadi Orang Goa

Lanjutin cicilan Kejar 2014! Nyicil catpernya ternyata lebih berat lagi ternyata. Faktor males jadi godaan paling gede. padahal jalan-jalannya udah kelar dari beberapa bulan lalu. 

DASAR PEMALAS!! *nunjuk muda sendiri*

Turun Goa Vertikal Buniayu
Buat realisasi di bulan Juni 2014! ane tetep belum naik gunung juga. Tapi tetep buat jalan-jalan & adventure ada aja alternatifnya. Berawal dari dipamerin temen yang belepotan masuk goa, akhirnya doi sukses bikin mupeng ikutan main ke Goa.

Dari virus mupeng itu, ane coba-coba lah googling trip buat ke Goa yang ada di Sukabumi. Goa Buniayu namanya, ada dua perjalanan susur goa yaitu horizontal sama vertikal. Waktu buat jalan kesana juga gak lama, cukup 2 hari sabtu minggu aja bisa. 

Setelah dapet jadwal yang pas dan harga yang lumayan miring, akhirnya berangkat juga ke Goa Buniayu Sukabumi. Beda sama Rafting di Sungai Citatih Sukabumi di jalan-jalan sebelumnya yang naik mobil Elf. Untuk ke Buniayu kita ngeteng naik Kereta plus angkot. Awalnya KRL dulu dari Jakarta ke Bogor, dari Bogor ke Sukabumi naik Kereta Pangrango (Eko AC). Dari stasiun Sukabumi kita lanjut dengan carter angkot sampai di wana wisata Goa Buniayu.

Sebelumnya kita janjian sama tukang jalan yang lain dari Backpacker Indonesia di Stasiun Bogor, total yang berangkat ada 15an orang. Dari gerombolan ane ada 5 orang, dan pastinya kenal sama orang baru lagi. Dapet temen lagi! Dapet keluarga jalan-jalan lagi!

Setelah perjalanan panjang dari Jakarta Sukabumi, akhirnya kita sampai di Base camp Goa Buniayu sekitar jal 17.00 WIB. Suasananya disana sejuk banget dan kita menginap di rumah kayu yang mirip semacam aula gede. Buat info aja, selain satu rumah yang langsung kayak aula gede itu, ada juga disewain gubuk kecil. Betuknya imut kayak rumahnya Hobbit di pilem-pilem bule.

Selesai beberes & makan malam, di malam itu juga kita mulai untuk susur Goa pertama yang horizontal. Di perjalanan pertama ini track sudah jelas dan lebih santai. Perlengkapan yang dipakai untuk safety hanya helm, sepatu boot dan headlamp/senter untuk penerangan jalan. Di Goa horizontal ini kondisi Goa beberapa bagian masih alami. Stalaktit dan stalakmit yang ada sangat menakjubkan. Bahkan ada yang ukurannya besar dan menjadi gundukan. Di beberapa titik jalan juga kita harus melewati lumpur yang agak dalem, dan sukses bikin berat ngangkat kaki!

Maafkan kami telah Narsis :(

Stalaktit & Stalakmit di Goa Buniayu Horizontal
(katanya itu air bikin awet muda & enteng jodoh)
Perjalanan waktu itu sekitar 2 jam untuk PP dan pastinya foto-foto. Berhubung banyak orang, jadi ya bisa dibayangin kalau ada yang mau foto pasti ngantri. Maklum yang bawa kamera waterproof cuma satu. SUREM...!!!
 
Nah malamnya pas di tempat nginep kita seru-seruan aja sama semua yang ikut trip. Mulai dari kenalan, foto-fotoan (lagi) sampai main kartu sampai ngantuk. Ada juga sih yang kayaknya modus buat PDKT, tapi ane enggak! Sumpah enggak...!

Besoknya, kita mulai untuk perjalanan yang sebenernya yaitu penelusuran ke Goa Vertikal. Peralatan yang dipakai pun lebih lengkap lagi, mulai dari helm, sepatu boot, headlamp, wearpack, dan peralatan tali temali untuk masuk Goa. Pokoknya untuk perjalanan kali ini kita harus siap untuk nglawan ketinggian, ngelawan gelap, basah-basahan sampai belepotan lumpur.

Sedikit gambaran untuk masuk Goa Vertikal ini, teknik SRT (Single Rope Technique) sangat dibutuhkan. Tapi berhubung udah ada guide yang professional, disana bisa sedikit lebih lega karena safety pasti diutamakan. 

Untuk masuk Goa Vertikal yang dalamnya belasan sampai puluhan meter (lupa ngukur), masing-masing orang bergantian diiket sama tali. Setelah sampai bawah, keadaan sudah gelap gulita. Buat orang yang item dijamin makin gak kelihatan! haha 
Total nyusur goanya ada lah sekitar 3 jam. Mulai nyisir di batu, masuk lobang-lobang Goa, nganyut di Sungai bawah Tanah sampai melipir batuan Goa yang lumayan bikin dag dig dug!. Dan yang terakhir pastinya tantangan ngelewatin jalan lumpur sedalem dengkul yang rasanya berat banget. kalau pake sepatu  boot dijamin sampai tenggelem dan kaki berat banget buat diangkat. nah kalau sepatu boot dicopot, lumayan enteng nariknya dari jebakan lumpur. Tapiii, kerikil-kerikil di dalam itu bikin sakit banget.
Intinya perjalanan waktu itu gak jauh-jauh sama basah-basah dan belepotan lumpur. Wearpack yang warna ngejreng jadi kotor gara gara lumpur. Belum lagi kalau kita matiin semua headlamp, suasanya jadi gelap 100%. Dan itu yang bisa dibilang GELAP ABADI! Soalnya mata udah gak bisa liat lagi kemana-mana. Emejing banget suasananya.

mlipir pegangan tali, itu dibelakang udah sungai bawah tanah

Istirahat! Coba kalau ada indomie panas pake rawit...endeuss!


Stalaktit & Stalakmit
Masuk Sungai Bawah Tanah
Nunduk Nunduk

Kalau Gak Belepotan Gak Belajar
Nah selepas 3 jam berjuang menikmati keindahan Goa dan sekalian nikmatin tantangannya. Kita lanjut untuk bersih-bersih badan di Curug Bibijilan. Curung ini semacam air terjun kecil, tapi airnya masih seger banget. Sukses lah bikin badan lepas dari lumpur yang hampir satu senti di badan. 

Selepas siang, kita siap-siap buat balik ke jakarta lagi. Dan tentunya lewat jalan dan angkutan yang sama kayak kemarin lagi. NGETENG!


Curug Bibijilan






Info :
Kalau mau info lebih lanjut tentang Goa Buniayu Vertikal & Horizontal hubungi aja nomer pengelola dibawah ini. Sangat disarankan dateng rame-ramean aja, biar ongkos juga lebih irit. Thank You!


Contact Person "Unity"

No comments:

Post a Comment