Monday 13 June 2016

Tebing Nemplek Grabagan - Tuban

Nemplek...
Dalam bahasa jawa yang artinya adalah nempel. Nah, kalau dikombinasi dengan sebuah kata 'Tebing' jadi Tebing Nemplek yang berarti suatu keterangan tempat. Tapi untuk masalah sejarah, sampai sekarang pun ane juga belum tau kenapa tebingnya disebut Tebing 'Nemplek'.
Tebing Nemplek
Di kalahan masyarakat khususnya kabupaten Tuban, kayaknya tebing nemplek ini sedikit lagi naik daun. Terutama para foto hunter, selfie hunter, eksis hunter ataupun sebangsanya dan dikemas dalam media sosial. Bisa dibilang dari tebing ini bisa melihat pemandangan yang kece banget.

Tebing Nemplek berada di daerah Grabagan, posisinya dekat dengan Pemancar Ngandong. Jika posisi dari Jalan Raya Grabagan, ambil jalan masuk ke arah timur di daerah Timang. Atau lebih gampangnya tinggal searching 'Tebing Nemplek' di google map smartphone dan akan terlihat map seperti ini

 

Jalan masuk ini merupakan jalan kecil (2-3 meter) yang sudah di aspal. Sebagian besar jalan ini didominasi kebun penduduk. Dari tanaman jagung, cabe, kacang tanah ataupun palawija yang lain sesuai musimnya.

Setelah masuk ke jalan kecil, patokan kalau sudah berada si dekat Tebing Nemplek adalah adanya pemancar di daerah ngandong. Sebelum sampai di pempancar (dari arah grabagan) masuk jalan setapak ke kiri. Jalan sekitar 200 meteran agan-agan udah sampai di tebing nemplek. Daerahnya berbukit batuan karst, sehingga kalau musim kemarau akan terlihat gersang.

Pemandangan dari Tebing Nemplek ini adalah arah Tebing Watu Ondo di Semanding dan desa Menyunyur. Tebing nemplek pemandangannya menghadap ke utara dengan nuansa pedesaan dan pepohonan hijau yang luas.

Kalau berencana ke Tebing Nemplek, sangat ane rekomendasikan sampai disana pas momen sunrise (sekitar habis subuh). Pemandangannya dijamin akan membuat mata dan foto agan sekalian keren. Jika beruntung agan juga bisa ketemu dengan kabut tebal, sehingga dari Tebing Nemplek berasa diatas wan putih. Kabut tebal ini biasanya muncul waktu musim penghujan. 

Pemandangan Kabut Putih Tebal dari Tebing Nemplek
Sunrise dari Tebing Nemplek
Kondisi Normal Tebing Nemplek

Untuk spot menarik di Tebing nemplek ini sampai sekarang yang sering didatangi ada dua, slain foto-foto diatas ada juga di sebelah barat yang benar-benar terlihat tebing batuannya. Jalan masuknya pun juga beda, namun masih dalam satu kawasan yang sama yaitu kebun warga lokal.
 
Sisi Barat Tebing Nemplek
  Pesan :
  1. Boleh Datang tapi jangan buang sampah sembarangan.
  2. Jangan merusak kebun warga, terutama bagian tebing barat. Kasian petani yang susah-susah tanam tanaman tapi di injak-injak demi sebuah eksis di social media.
  3. Hati-hati saat berdiri di tebing, jangan cuma demi eksis tapi nyawa melayang. Keep Safety!

No comments:

Post a Comment