Monday 19 January 2015

[Catper] Perjalanan Berdebu Gunung Merbabu Via Selo

CATPER TELAT!

Iye gak apa-apa lah daripada gak sama sekali. Maklum orang sibuk!....sibuk galau! #eaaaa

Baiklah...abaikan! Ane naik Gunung Merbabu oktober 2014 kemarin. Kondisi lagi kering-keringnya banget tuh disana, sepanjang perjalanan dari basecamp sampek ke puncak semuanya ada DEBU DEBU & DEBU. Upil aja bisa jadi item gara-gara terkontaminsai butiran debu (kayak lagu ye).

Di sekitar Puncak Trianggulasi Gunung Merbabu
Perjalanan ini sebenernya pendakian kolaborasi antara ane sama rival mendaki selama ini yang namanya Putu, Iya doi dari Bali. Menurut nganaa...pastinya dari Bali atau lombok lah, masa ada orang jawa namanya putu. OKE! *lanjut ceritanya*

Sepanjang 2014 kemarin, tentunya sebelum kita nanjak bareng ini. Bisa dibilang kita semacem saingan terus naik gunung & traveling, belum pernah bisa sampek jalan bareng jadi partner. Ane main laut, doi main laut juga, doi ke Rinjani ane Nyusul ke Rinjani juga, doi ke Papandayan ane pastinya udah kesana juga. Dan semuanya cuma berakhir dengan saling pamer foto! Damn lah...RIVAL!

Nah berhubung kita udah lumayan puas pamer-pameran, akhirnya dari obrolan sekilas, kita ngerencanain buat nanjak bareng. Dan targetnya ada di Jawa Tengah, KEMANA? Yup! Gunung Merbabu kembarannya si Gunung Merapi. via Selo!
Peta Jalur Selo Gunung Merbabu
Plot tanggal OK! Peralatan OKE!! Berangkat OYEE!!!

Udah jauh-jauh hari kita pesen tiket kereta ke Jogja, cari yang kelas menengah aja Bisnis Senja Utama Solo. Jadwalnya cocok banget buat kuli-kuli kantoran Jakarta. Plan kita buat nanjak Merbabu ini lewat jalur Selo (Boyolali) transit di Jogja dulu.

Berangkat
Pas banget tanggal 10 bulan 10 2014, kita kumpul di Stasiun Senen jam 21.00 WIB. Persiapan berangkat berdua sambil lesehan nunggu kereta yang tak kunjung datang. Tapi untungnya jaman sekarang kereta udah gak over PHP, jadi untuk awal-awal perjalanan ini masih sesuai itinerary.

Besok harinya, pukul 06.00 pagi, kita udah nyampek di Jogja. Nah, untungnya ini si Putu kan dulu kuliah di Jogja, jadi doi dengan senioritasnya gampang banget nyuruh adik2 kelas kontrakannya minta jemput ke Stasiun Tugu Jogja. Dan meluncurlah kita ke Kontrakan dia jaman dulu.

Gak lama istrahat di Kontrakan, kita ke Pasar dulu buat belanja tambahan logistik plus sayur-sayuran. Udah berasa emak-emak banget, 2 cowok subur belanja di pasar. Tapi gak apa-apa lah, belajar jadi bapak rumah tangga yang baik. HAHAHA

Misi selanjutnya adalah nyoba ngajakin adik kelas si Putu lainnya buat nemenin nanjak ke Merbabu. Maklum, buat sharing beban peralatan & logistik kan mayan. Soalnya waktu itu si Putu juga lagi kondisi cedera abis futsal, jadi dengkulnya harus masuk bengkel dulu. gak bisa bawa beban berat! Walaupun beban hidup mungkin lebih berat.HAHA. Tapi akhirnya kita dapet 2 orang buat nemenin nanjak.

Dari Jogja ke Selo kita berangkatnya bisa dibilang agak telat, sekitar jm 12.00 WIB siang kita baru meluncur pake motor. Perjalanannya butuh waktu sekitar sejam perjalanan nanjak terus. Ngerasa kasian banget sama motor yang kita naikin, penumpangnya 2 orang subur (ane & putu), terus bawaan carrier kita juga mayan berat banget. Pas ada tanjakan, ada beberapa bagian yang ane harus jalan. Mungkin motornya udah LELAH dan gak kuat nanjak lagi.

Begitu sampek di Basecamp, kita juga masih santai-santai. makan siang, packing ulang lagi, sampai duduk-duduk cakep sama yang punya basecamp. Pokoknya kita baru start jalan naik itu sekitar 15.30 WIB. Lumayan lah gak panas-panas amat! Tapi telaaat OIIII

Dari awal pendakian ini, yang ngeselin itu debunya, sepanjang jalan debunya gila-gilaan. Untung aja pake buff dari awal buat filter udara yang masuk mulut & hidung. Kalau enggak dijamin deh ini perut isinya debu semua. Bukan masuk angin lagi, tapi MASUK DEBU namanya.
Track Debu Debu Debu

Nyantai Dulu

Menuju Savanna 1

Maaf...numpang nampang!
Track dari jalur selo relatif normal tanjakannya, udah ada jalan setapak yang jelas. Sejam pertama dari basecamp kondisi vegetasi masih lebar, tapi setelah itu udah mulai vegetasi terbuka dan dominan savanna dan semakin atas beberapa kebun edelweiss mulai muncul.

Untuk tempat camp jalur selo ini bisa di beberapa tempat, terutama di Pos-Pos peristirahatan. Tapi kebanyakan pendaki camp di Pos Savanna 1 atau Savanna 2. Kalau mau sunrise yang keren & pemandangan Gunung merapi yang jelas, sebaiknya camp di Savanna 1 saja. Tapi kalau mau lebih dekat ke puncak, camp di Savanna 2, di area savanna 2 ini merupakan area luas yang dikelilingi bukit. Sehingga bisa dibilang angin sedikit lebih tereduksi saat menginap dibanding Savanna 1. Perjalanan dari savanna 1 ke savanna 2 ini kurang lebih butuh waktu 30 menit.
Savanna 2 Merbabu
Tipikal gunung Merbabu berbukit-bukit dan sangat sedikit pepohonan besar. jadi maklum saja kalau di Merbabu jalur selo susah ditemukan sumber air. Jadi siap-siap bawa banyak air dari basecamp. Untuk track ke puncak juga sangat jelas terlihat dari savanna 1 ataupun savanna 2, mayoritas ngikutin jalan air.

Savanna 1
OK! Balik ke cerita perjalanan kita, waktu itu diputuskan camp di Savanna 1. sampek disana juga udah gelap, maklum kita jalan santai pake BANGET. Cuaca waktu itu cerah, kondisi bulan hampir bulat...biutipul! dan pemandangan daerah boyolali bisa terlihat cakep dengan lampu-lampu bertebaran.
Lampu kota dari Savanna 1
Segera kita bongkar isi carrier. Ada yang bagian bangun tenda & ada juga yang kebagian buat masak. Eh...bentar! yunior si putu belum ane kenalin.HAHA. Namanya Boro sama doni, mereka bedua ini tenaganya masih gila! jadi inget jaman dulu ane kuliah, tapi..."aku yang dulu bukanlah yang sekarang ~~" sekarang NGEMBANG & MULAI MEMBUNCIT! T_T

Berhubung kita ngerasa dianggep senior, akhirnya yang masak si boro. Paling kita cm bantu-bantu dikit aja & lebih banyak ngangetin badan di dalem tenda. TOP! haha! Logistik yang kita bawa juga melimpah, bergizi & gak kayak jaman penjajahan waktu kuliah naik gunung. Super lah waktu itu perut sampek over isinya. Istirahat pun berasa pules banget.

Dini hari kita mulai muncak, waktu itu sekitar jam 02.30 kita mulai jalan. Padahal pendaki yang lain belum ada juga yang muncak, kebanyakan sih biasanya pendaki lainnya muncak pas udah pagi. Nah, berhubung ane ngejar waktu buat balik jakarta & pengen liat sunrise dari puncak, kita curi start summit attack.

Puncak
Dingin? pastinya lah...namanya juga di GUNUNG! dini hari mah harusnya di gunung pasti lagi enak-enaknya tidur didalem tenda. Tapi ini kita malah jalan muncak! Awalnya dari cerita si boro yang udah beberapa kali Gunung Merbabu, perjalanan ke puncak sekitar 2 jam. Tapiiiiii...ini baru sekitar 1 jam jalan, udah nyampek puncak aja dong! KECEPETAN! Waktu itu kita nyampek puncak trianggulasi Gunung Merbabu sekitar jam 03.30 WIB. Rasanya kena angin di puncak itu...MENGGIGIL BEKU!

Untungnya kita masih bawa parafin, kompor & nesting plus beberapa cemilan. jadi sambil ngerasain menggigil, kita bikin api unggun & masak air panas di puncak. Cuma tetep aja badan berasa masih BEKU!

Sampai waktu sunrise mulai keliatan, pendaki lain juga mulai datang, kondisi puncak mulai ramai. Gak kayak sebelumnya cuma ada kita 4 ekor yang beku disana. Berhubung hari udah mulai terang, berarti udah waktunya hunting plus gegayaan foto di puncak Merbabu. Pemandangan waktu itu juga lagi cerah banget, sunrisenya keliatan jelas & gunung-gunung yang ada disekitar merbabu juga pada ngintip.
Sunrise dari Puncak Trianggulasi

Duet Maut di Puncak
View Merapi dari Merbabu
Sampai akhirnya sekitar jam 06.30 WIB, habis puas tofoto kita mulai turun. Pendaki yang mau summit attack juga masih banyak. Debunya tetep gak karu-karuan lah banyaknya. gak nyampek sejam kita udah nyampek di camping ground Savanna 1 lagi.

Ketemu Genk AMC Malang
Sambil nunggu siang buat turun, kita lebih banyak santai, bobok cantik &  nikmatin pemandangan yang keren disana. Pastinya sambil masak buat tambahan tenaga pas turun nanti. Target sih sebelum magrib udah nyampek jogja lagi.
Track menuju Puncak Trianggulasi

Tidur yang kayak gini itu PULES!

Full Team (Doni, Putu, Boro, Ane)
Perjalanan turun juga lebih cepat, soalnya di beberapa bagian kita ada sambil lari-lari kecil. Dan tentunya lebih jarang istirahat! Bablas terus sampek basecamp.

Bablas lagi pake motor ke Jogja, kondisi ngantuk! jalanan gak rata! tapi untunglah selamat sampai Jogja. Malemnya jam 21.30 WIB ane langung cuss lagi ke jakarta, nah si putu masih di Jogja dulu sampek seminggu ke depannya.
Begitu nyampek jakarta paginya, kayak biasanya! Ane langsung nguli lagi coy! Berasa robot banget lah pokoknya.HAHA

Biar sibuk sama kerja, jalan-jalan tetep harus disempet-sempetin! BYE!

1 comment:

1. arekgresiklagi.blogspot.co.id/2015/12/catper-catatan-perjalanan-gunung.html?m=1 bagi yang mau berangkat ke merbabu dari arah surabaya bisa di baca bang blog saya, ada rincian dananya juga hehe :)