Saturday 22 February 2014

Kembali ke Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo...

Iya, siapa yang tak tahu tempat  yang disebut diatas. Namanya sekarang lagi dipuncak ketenaran wisata gunung di Indonesia. Itu sih setelah munculnya film 5 cm pada tahun 2012 yang mengambil setting cerita di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Habis itu, pengunjung Ranu Kumbolo & Semeru...MEMBLUDAK! Over Load!

Pengunjungnya gak cuma pendaki yang sudah malang melintang di dunia pergunungan, tapi banyak sekali pendaki-pendaki abal-abal alias dadakan alias mengaku pendaki yang datang ke Ranu Kumbolo. Dan semuanya terhipnotis dengan namanya surga semeru bernama Ranu Kumbolo.

Oke...cukup introductionnya!
Singkat cerita, ane yang selaku pendaki yang saat ini sudah jarang menjadi pendaki ini rutin ngejadwalin paling gak setahun sekali harus ke semeru, minimal ke Ranu Kumbolo lah. Untuk tahun 2013 kemarin, banyak banget teman di Jakarta yang request minta diajak buat Ke Ranu Kumbolo -  Semeru. Sebagian besar yang minat ikut itu teman-teman yang sebelumnya belum pernah kesana, atau bahkan belum pernah ngerasain nikmatnya mendaki gunung. Jadi otak saat itu mikir harus ngebatasin peserta yang ikut karena menyangkut keterbatasan safety, logistik dan tanggung jawab yang dipikul. Dan diputuskan juga kita naik cuma sampai Ranu Kumbolo & Oro-Oro Ombo saja, karena jika maksa ke Puncak medannya berat. Kuatir yang belum pernah naik gunung jadi kaget & drop fisiknya.

Biar simple, temen-temen yang mau ikut ane batasin 10 orang. Gak lama nanya, udah cepet aja kuota full. Bahkan ada yang daftar lagi terpaksa ane tolak karena gak sanggup handle logistiknya kalau peserta berlebih. Beberapa bulan sebelumnya, mulailah itu kita beli tiket kereta ke Malang. Supaya gak tersiksa & gak terlalu mahal juga kita booking tiket kereta kelas Ekonomi AC (Majapahit) dari Jakarta. Ada juga teman yang berangkat dari Balikpapan, tapi kita rencana langsung ketemu di Malang.

Mendekati hari H, sesuai kata pepatah "Rencana itu tak seindah Realisasi". Begitulah...satu per satu pada mundur karena alasan ini dan alasan itu, gak bisa maksa ikut juga karena kan kita juga gak terikat kontrak kayak kerja. Singkat cerita peserta yang fix ikut ke Ranu Kumbolo total ada 6 orang, 4 dari Jakarta dan 2 dari Balikpapan.

Nah...waktu hari H nya, ada kabar dari seorang teman, sebut saja buncit. Buncit tiba-tiba bilang dia cancel buat ikut gara-gara harus ada meeting hari itu. Mau gimana lagi, "hiking must go on"! Tapi ya sebenernya rada kesel juga, soalnya ane udah estimasi logistik buat 6 orang, atau malah sebenernya buat 7-8 orang juga cukup. Tapi ini malah berkurang...ah ya sudahlah.

Berhubung ane harus nyiapin peralatan di Malang, keberangkatan kita terpisah. Ane naik pesawat, dan 2 teman dari Jakarta naik kereta api. Jadi pas teman-teman kumpul di Stasiun buat Meeting Point peralatan sudah siap semua.

Ada kejadian oon banget waktu ane di bandara Soekarno-Hatta, ya namanya mau naik gunung pasti bawa tabung gas kecil buat masak. Nah baru sadar pas check in di bandara, kena sita dong itu gas nya. Maklum lah ya, dari jaman awal naik gunung baru pertama kali berangkatnya pake pesawat yang bisa terbang. Biasanya sih cukup pake kereta (yang ekonomi), mobil pick-up atau malah yang paling keren nebeng truk pupuk kandang. Berhubung ini pengalaman pertama ya akhirnya ikhlas aja lah itu tabung gas disita bandara...cedihhhh T_T

Singkat cerita lagi, ane akhirnya berangkat ke Malang via Bandara Juanda. Sampai di Malang udah dini hari sekitar jam 02.30 WIB, udah kayak maling aja itu buka pintu sekretariat AMC di Jalan Malabar. Udah lah habis ceritanya, langsung tidur...ngantuk!

Paginya,
Bagun tidur ku terus mandi, eh boker dulu, eh enggak!! sholat dulu deng...Biar kata anak gunung juga harus tetep rajin sholat.

Abis itu semua, nyapin tenda, kompor terus beli tabung gas lagi. Habis semuanya siap, meluncurlah ke Stasiun buat ketemu temen-temen yang lain. Pas ane sampai di stasiun, 2 temen dari Balikpapan udah nunggu di peron. Sebut saja namanya encen sama kuskus. Ngobrol ngalor ngidul lama, eh kereta yang ditumpangi 2 temen yang dari Jakarta belum nongol juga, maklum lah kalau kata bang Iwan Fals "Kereta terlambat...itu sudah biasa!".

Pas ngobrol sama encen & kuskus, mereka juga bawa tenda 1 juga. Jadi total tenda yang dibawa ada 2 termasuk yang ane bawa. Peralatan masak juga ada 2 set, ane bawa 1 sama temen dari Jakarta (sebut namanya kubil) bawa juga 1 set trangia. Jadi ya sangat cukup untuk masalah peralatan buat naik berlima.

*Jingle stasiun bunyi*
Ning nung ning nung nung ning nang nung..(pokoknya itu lah, gak mirip aslinya juga gak masalah)

Dari jingle tadi udah ada tanda-tanda kereta bakal nyampek, jadi kita bertiga siap-siap lah menyambut itu 2 tamu agung. Kita langsung nunggu di pintu keluar Stasiun Malang. Gak berapa lama, si Kubil muncul. Tapi posisinya sendirian, entah yang satunya kemana (sebut namnya encok)

Ane   : Bil, si encok mana?

Kubil : Doi masih setor dulu, dari masih di kereta dia udah nahan kebelet boker.
Ane   : Ah elah...lama lagi ini nunggunya, padahal udah jam 9 lewat posisinya!

*ngobrol ngalor ngidul ngetan ngulon lagi*

Setelah sekitar 10 menitan akhirnya si encok muncul.

Ane    : Woooy...akhirnya datang juga!!
Encok : Eh, sorry lama kalian jadi lama nunggu. *salam-salaman kayak leberan*
Ane     : Santai mamen...
Encok  : Tapi sorry lagi nih, kayaknya gw gak jadi berangkat. Tiba-tiba semalem encok gw kumat, kalau dibuat nanjak kuatir malah nambah parah.
Ane     : *speechless campur kasian campur debu campur sambelnya banyak, dikaretin dobel...bungkus!
Ane    : Yahh...sayang banget dong jadi berkurang tim kita, tapi ya mau gimana lagi...nanjak must go on!

Akhirnya si encok pamitan dan kita pisah di stasiun Malang, katanya sih doi mau lanjut ke Bali Lombok. Paling gak tetep mau jalan-jalan asal gak pake jalan nanjak. Sedikit ilustrasi tentang si encok, doi ini sebenernya masih muda. Nah kelahirannya aja tahun 1988 tapi ngaku 1989 biar dikira muda walaupun tampang tua. Buat masalah encok dia pakarnya, sampek kemana-mana dia harus bawa alat penyangga tulang biar badannya gak gampang bengkok sana sini. Pokoknya unik lah orangnya!

OK! akhirnya kita berempat meluncur ke Tumpang, isi di otak cuma mikir rombongan kita over logistik, over tenda! dan akhirnya itu berat di punggung nantinya.

Sampai di Pasar Tumpang kita langsung cari Jeep untuk mengantar ke Ranu Pane. Berhubung kita cuma berempat dan tidak ada tambahan pendaki lain akhirnya diputuskan untuk tetap jalan dengan penumpang (hanya) 4 orang. Rasanya sok kaya banget waktu itu, tapi isi dompet menangis haru. Ya bayangin aja harga Jeep sekali jalan 400 ribu, nah kita cuma berempat. Akhirnya untuk perjalanan ke Ranu Pane harus ngeluarin 100 ribu per orang.

Cerita nguras isi dompet masih belum habis, Jeep ternyata berhenti sampai desa ngadas. Perjalanan selanjutnya ke Pos Ranu Pane harus ditempuh dengan naik ojek, maklum waktu itu jalan dari ngadas gak boleh dilewati mobil roda 4 gara-gara lagi diperbaiki. Jadi duit 25 ribu keluar lagi dari dompet...HORANG KAYAHH!

Sampai di Pos Ranu Pane, ane selaku perwakilan rombongan registrasi ke petugas jaga. Melaporkan barang-barang yang dibawa dan melengkapi semua persyaratan untuk mendaki di kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru).

Berhubung kita belum makan siang, akhirnya sebelum mulai jalan kita mampir warung dulu buat isi tenaga. Pesen lah itu sayur lodeh plus lauknya, gak lupa juga pesen sambel cabe bromo. Busettt itu sambelnya sedap bener lah...pedasnya beda dibanding cabe biasa pada umumnya. Bikin nagih...!!

Selesai makan, sekitar jam 14.30 WIB kita mulai jalan ke Ranu Kumbolo. Tentunya dengan barang bawaan yang over didalam carrier. Suasana sepanjang perjalanan saat itu cukup sejuk, banyak berhenti dan banyak becandanya. Track menuju Ranu Kumbolo tergolong cukup seimbang, ada tanjakan dan ada juga sesekali turunan. Lebih seru lagi kalau kita bertemu rombongan lain, saling sapa saling ngobrol seperti sudah kenal lama. Itulah keluarga baru digunung, semuanya kita anggap saudara.

Walaupun ada satu cewek di rombongan kita, yaitu si encen. Semangatnya bisa dibilang istimewa! Kadang dia cuma narik nafas panjang aja waktu didepannya ada tanjakan. Tapi waktu didepannya ada track yang landai atau malah turunan, dia selalu ngaciir lari duluan.

Setelah 4,5 jam berjalan, kita akhirnya sampai di Ranu Kumbolo. Suasana saat itu sudah malam dan beberapa pendaki sudah mendirikan tenda di Camp Ground. Kita juga gak mau kalah, sesampai disana kita langsung bongkar carrier dan pasang tenda. Berhubung ada 2 tenda, kita bagi tugas untuk mendirikan tenda. Ane sama si kubil dan si encen sama si kuskus.

Setelah tenda berdiri, baru keliatan ada yang buat ngakak dari tendanya. Tenda si kuskus yang katanya cuma muat buat 2 orang itu ternyata bisa muat buat 4 orang, malah kalau dipaksa bisa juga buat 5 orang. Tau kondisi kayak gitu ngapain juga tadi bawa tenda 2, cuma ya udah terlanjur anggep aja kita ini pendaki elit yang mau piknik. Sekali lagi sambil ngelus dada!

Tenda udah berdiri, aktivitas selanjutnya masak buat makan malam. Logostik udah dikeluarkan semua. Ada ini, ada itu, ada inu, ada unu, lengkap lah pokoknya. Istimewa semua mulai dari makanan sama minuman. Seumur-umur naik gunung baru waktu itu ngerasain over logistik pas naik gunung.

Cuma dari itu semua, di Ranu Kumbolo telah tertulis cerita. Kita berempat yang hidup berlebih, baik dari tenda ataupun logistik. Tetap disyukuri...

Setelah perut kenyang, waktunya untuk istirahat. Si kubil udah siap-siap dengan pakaian hangatnya. Jaket mahal hangat, celana yang bagian dalamnya polar dan tidur bersama si rudoph (boneka kesayangan kubil). Nah ane cukup tetap pakai celana pendek dan jaket polar hangat. Yang penting ada sleeping bag aman lah kehangatan malam hari.

Matahari sudah mulai menjelang, kita siap-siap bangun untuk melihat sunrise Ranu Kumbolo yang eksotis. Saat cahaya mulai muncur dicelah dua bukit, itulah surganya Ranu Kumbolo. Pagi itu menjadi damai melihat pemandangan alam yang sangat istimewa. Memang sebelumnya ane pernah melihatnya, tapi rasanya gak pernah bosan buat lihat sunrise seindah itu.

Selain sunrise-nya, di kawasan dekat Ranu Kumbolo juga terdapat Tanjakan Cinta. Sumua sudah banyak yang tahu tentang mitos si Tanjakan itu. Setelah dari Tanjakan Cinta, disana akan dijumpai hamparan padang Ilalang dan Lavender Semeru. Tak ada kata terucap selain...AMAZING!

Cukup puas berjalan-jalan, kita berempat kembali ke tenda untuk memesak sarapan. Sisa logistik masih banyak, jadi untuk makan pagi masih bisa foya-foya perut.

Setelah matahari udah agak tinggi kita mulai packing peralatan untuk dmasukkan ke carrier. Kita bagi-bagi barang bawaan supaya merata bebannya, logistik yang sisa kita bagikan ke pendaki lain supaya tidak terbuang percuma. Tak lupa sampah dimasukan ke trash bag untuk dibawa turun sampai Ranu Pane lagi.

Perjalanan pulang pun tetap lancar, cuaca cerah dan pemandangan Ranu Kumbolo selalu istimewa. Semoga di tahun 2014 bisa silaturahmi lagi denganmu...Ranu Kumbolo...

Sambel Cabe Bromo

Ane sama Rudolph
Encen, Kuskus, Ane, Kubil

Peta Track Ranukumbolo (Diambil dari Google)