Tuesday 2 June 2009

Panderman oh Panderman

PANDERMAN...Mungkin buat kalangan masyarakat Malang Raya tempat ini sudah banyak yang tahu, apalagi kalo kamu ngerasa punya hobi petualangan ke gunung (Mountain Climbers). Panderman ini adalah sebuah bukit yang berada dekat dengan kota Malang yang ketinggiannya sekitar 2000 dpl (diatas permukaan laut). Panderman ini memiliki tiga puncak, yaitu puncak 1 (Latar Ombo), puncak 2 (Watu gede), dan puncak 3 (utama). Bukit ini bisanya jadi sarana temen-temen rimba semuanya untuk me-refresh diri dari aktifitas yang bisaanya telah dilakukan tiap hari. Diatas puncak kita bisa nikmati adanya sunrise (itu lho…matahari yang muncuk pagi-pagi dari timur). Pokoknya dijamin keren banget view disana, apalagi kalo sejauh mata memandang disekitar bukit panderman bisa dilihat juga Gunung Arjuno-Welirang.
Kalo misalnya kamu pengen coba naik bukit panderman, gampang kok!!! Dari malang : pertamanya kamu harus cari angkota yang menuju terminal Landung Sari, setelah itu naik bus jurusan Kediri atau jurusan Jombang (Murah kok, gak sampe 10 ribu ongkos transportnya). Tapi kalo misalnya pengen praktis lagi kamu bisa bawa motor sampai masuk ke desa terakhir sebelum jalan setapak, ntar titipin di penduduk. Oh…sampe lupa, ngelanjutin yang naik bus tadi. Jangan lupa ngomong ma pak kondektur turun di gerbang panderman. Setelah turun mulailah perjalanan ke Pos pertama, gak terlalu jauh kok Cuma agak nanjak aja, plus untuk informasi jalan yang dilewati masih aspal dan masih banyak perkampungan penduduk. Tanda yang bisa dijadikan patokan kalo udah mau sampe di Pos pertama adalah bau kotoran sapi yang dijadiin biogas. Pos pertama ini adalah awal kamu jalan di tanah langsung (tanpa aspal). Eiit…jangan lupa bayar kontribusi di Pos itu (kalo berangatnya rombongan, bisa di lobi kok.he9x).

Akhirnya perjalanan dimulai, untuk informasi “di puncak panderman gak ada yang namanya sumber air” makanya kamu harus bawa air dari bawah. Kalo pengen air murni, setelah Pos pertama nanti ada sumber air yang bisa langsung diminum. Kamu bisa isi sebanyak-banyaknya air minum dari situ. Setelah persiapan fix, bisa lanjutkan perjalanan menuju puncak 1 (Latar Ombo). Untuk medan perjalanannya gak terlalu berat kok, sudah ada jalan setapak berupa tanah, ada juga yang ngelewati akar pohon. Di sekeliling jalan, pohon juga masih lumayan rimbun kok!! sambil foto-foto juga Mantab. Gak sampe 1,5 jam dijamin udah di puncak 1 (Latar Ombo).

Perjalanan selanjutnya adalah ke puncak 2 (Watu gede), dari latar ombo cepet kok!! Gak sampe 1 jam. Medannya juga malah lebih enak jika dibandingkan perjalanan menuju latar ombo. Di tengah perjalanan kamu bakal nemuin pohon roboh di tengah jalan. Bisa dibuat jalan santai lah…he9x. 


Setelah sampai di puncak 2 (watu gede) trus melanjutkan perjalanan, kamu bakalan jalan yang medannya datar (lumayan lah buat ngirit tenaga…). Nah, setelah nemu pohon roboh lagi kamu harus mulai penjalanan yang makin nanjak banget. Jalan yang dilewati lumayan licin, gara-gara jalan setapak yang di lewati itu tempatnya aliran air kalo ujan. Makanya harus WASPADA!!! Jika udah hampir puncak, hati-hati dengan perjalanan kalian. Soalnya di samping jalan setapak ada jurang yang lumayan…hehehe (kalo nyemplung, dijamin langsung fatal). Safety first friends…!!!. Kira kira 2 jam sudah sampai puncak utama. yang penting kalo kalian kecapekan istirahat saja, jangan dipaksain untuk antisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

Kalo udah diatas, dijamin puas!!! Selain pemandangan bagus banget dari atas, kamu juga bisa liat monyet yang buanyak disana (bisa ketemu sodara kembar dah…). Yang paling penting jaga barang kamu, jangan sampe di curi ma monyet, soalnya monyet sana nakal-nakal. Mungkin tulisan ini bisa membantu temen-temen semua kalo misalnya pengen menikmati wisata alam pegunungan.

Selalu ingat pesan alam :

Jangan mengambil apapun kecuali gambar dan jangan meninggalkan apapun kecuali jejak. Cintai dan jaga alam kita...

No comments:

Post a Comment