Monday 1 June 2009

Bule dan Bungkus Permennya

Mari kita mulai dari hal yang paling kecil...

Kita harus mengakui kalau lingkungan kita itu memang bener-bener penuh dengan sampah, coba bandingkan dengan negara-negara tetangga kita. Disana, kalo buang sampah sembarangan pasti dah bakalan kena denda. Coba bandingkan dengan negara tercinta kita...bener-bener salut banget!!! masyarakatnya terlalu baik, jadi sampai gak berani bertindak tegas kalau ada yang buang sampah sembarangan. jadi ya rasain sendiri lah kalo tiap tahun banjir itu seneng banget maen-maen ke kampung dekat sungai. Ayolah teman cobalah teman mulai dari hal yang kecil, kita coba untuk buang sampah di tempatnya (Eitt...bukan sungai, pinggir jalan ataupun selokan lho).

Ini ada cerita, semoga bisa membantu kesadaran kita tentang sampah,..apalagi sampah masyarakat, perlu dibuang jauh-jauh tuh!! Ini fakta lho...dulu saya pernah tuh maen-maen ke gunung bromo. Tau sendiri lah...disana banyak bule dan pakle (Pokoknya wisatawan asing lah...). Sudah rahasia umum lah, kalo masyarakat indonesia masih kalah dalam hal kesadaran lingkungan dibandingin mereka. Setuju?

Nah waktu itu saya & the gank kan bawa snack banyak dari rumah, trus disana pasti enak donk di buat ngemil. Apalagi dingin-dingin gitu (Mantap Jaya...). waktu itu acaranya ya makan-makan trus sambil liat sunrise (tau kan...itu lho yang matahari yang muncul pagi-pagi dari timur) keren pool view-nya sana. Trus kan otomatis, setelah makan bungkus makanan dibuang ditempat saja donk (males jalan buat cari tempat sampah...hehehe). Disaat bersamaan ada pakle (khusus bule cowok), sambil bawa kamera dan jeprat-jepret. Waktu tepat di depan kita si pakle masukin tangan ke kantongnya, trus keliatannya mau ngeluarin apa gitu...Kita semua penasaran donk!!! Semua mata kita tertuju padanya...(lebay banget ya). Truuus...ternyata si pakle ngeluarin apa coba, 1 BUAH BUNGKUS PERMEN kecil...Truuuuuuus...di buang di tempat sampah di depan kita yang jaraknya gak sampe 2 meter. Mungkin si pakle gak sadar kalo udah menohok kita secara duaaaaalem buanget. Buseeet, waktu itu kita cuma bisa nundukin kepala. Maluuu buanged cuy ma diri sendiri...si pakle lho bukan orang indonesia tapi tetep peduli juga ama lingkungan. Emang bener-bener anak muda gak tau aturan. Warga negara sendiri kok gak sadar lingkungannya. Coba bayangin kalo kamu yang ada dalam posisi itu.

Tapi setelah kejadian itu, bisa nambah kesadaran sendiri. terutama kalau ngeliat bungkus permen. Makanya sekarang kantong saku celana itu bisa berfungsi ganda, selain tempat buat maling nyolong dompet bisa juga di buat tempat sampah sementara. trus kalo ada tong sampah yang sebenernya baru dah bisa dibuang. Lagian ada pesan rimba yang isinya "LEAVE NO TRACE"...intinya juga bisa mencakup pokoknya jangan sampe kalo habis ninggalin suatu tempat, ninggalin jejak yang namanya SAMPAH.


Semoga tulisan ceker ayam ini bisa dijadikan tambahan motivasi untuk sadar lingkungan.

No comments:

Post a Comment